Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Tips Belajar

Tips Sukses Belajar untuk Pejuang UTBK 20213 min read

11 Februari 2021 3 min read
Tips Belajar untuk Pejuang UTBK SBMPTN | Teman Belajar

author:

Tips Sukses Belajar untuk Pejuang UTBK 20213 min read

Reading Time: 3 minutes

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau sering disebut UTBK merupakan tes masuk perguruan tinggi yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan  Tinggi (LTMPT). Sebagai satu-satunya penyelenggara tes masuk perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Ujian ini merupakan tes wajib untuk mengikuti SBMPTN dan juga menjadi syarat ujian jalur mandiri di beberapa universitas negeri di Indonesia. 

UTBK dan SBMPTN 2021 hanya dilaksanakan satu kali saja. Peserta dapat memilih tempat tes pusat UTBK serta memilih PTN dan program studi tujuan yang diinginkan. Materi yang akan diujikan pada UTBK tahun 2021 ini terdiri dari dua jenis Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).  Ujian TPS bertujuan untuk menguji kognitif siswa, sedangkan TPA untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan di sekolah. TPA akan diujikan sesuai pilihan jurusannya yakni SAINTEK atau SOSHUM. 

Nah, Teman Belajar punya tips sukses belajar nih buat kalian para pejuang UTBK 2021 agar belajar kalian efektif. Berikut tips sukses belajar UTBK ala Teman Belajar : 

1. Memahami konsep materi yang akan dihadapi

Pemahaman konsep materi maksudnya adalah kalian telah mengetahui garis besar materi pembahasan atau kisi kisi yang akan diujikan. Tidak semua materi pelajaran diujikan di dalam soal UTBK, sehingga cari tau kisi-kisi soal UTBK. Dengan mencari tau kisi-kisi soal UTBK, kalian dapat belajar secara efektif karena dapat fokus hanya pada kisi-kisi materi yang akan dihadapi.  Hal ini bertujuan agar kalian dapat mendalami materi. 

2. Perbanyak mengerjakan soal 

Dengan memperbanyak mengerjakan soal-soal UTBK kalian akan terbiasa dihadapkan soal-soal dan mencari jawaban dari soal-soal tersebut. Mulailah mengerjakan soal-soal UTBK tahun lalu. Dengan melakukan hal ini juga membantu kalian mengtahui kesiapan kalian menghadapi UTBK dan mengetahui titik kelemahan kalian, sehingga diharapkan nantinya bisa memperdalam titik kelemahan dan mencari solusinya.

3. Jadwal belajar

Di poin pertama telah dijelaskan mengenai pentingnya pemahaman konsep materi yang akan dihadapi. Hal tersebut juga menjadi poin penting dalam membuat jadwal belajar. Saat membuat jadwal belajar kalian dapat mengakumulasi waktu tersisa untuk menghadapi UTBK dengan materi-materi yang akan dihadapi. Jadwal belajar ini juga memberikan reminder untuk diri kalian sendiri agar lebih disiplin terhadap jadwal belajar yang telah dibuat. Pembuatan jadwal belajar ini juga dapat membantu kalian untuk terbiasa manajemen waktu dengan sebaik mungkin sehingga nantinya lebih bisa disiplin. 

4. Lakukan evaluasi

Evaluasi menjadi penting supaya kalian bisa mengembangkan dan mendalami materi atau soal yang dihadapi. Hal ini juga menjadi salah satu cara agar kalian bisa mengetahui seberapa jauh progress belajar dan kalian juga bisa mengetahui kesiapan untuk menghadapi UTBK. 

5. Perbanyak mengikuti Tryout

Mengikuti TO juga menjadi sangat penting karena dengan mengikuti Tryout kalian dapat mengukur kemampuan, belajar manajemen waktu antara mempelajari materi dan latian soal, melatih fokus kita saat mengerjakan Tryout,  mengasah otak, melatih mental kalian untuk menghadapi Tryout, dan dapat mengetahui materi-materi atau soal-soal baru yang mungkin belum kamu pelajari sebelumnya. 

Nah, Teman Belajar juga menyediakan layanan Teman Tryout untuk kalian yang ingin melatih kemampuan kalian melalui Tryout. Tryout yang diadakan Teman Belajar ini gratis lho ! Ayo daftarkan diri kalian dan belajar bersama Teman Belajar

Itu dia tips sukses belajar UTBK ala Teman Belajar, pesan dari kami jangan kalian jadikan belajar sebagai beban, justru jadikan belajar ini sebagai proses kalian untuk meningkatkan intelektual kalian. Agar lebih jelas lagi kalian bisa juga menonton Tips Sukses Belajar Untuk Pejuang UTBK 2021 di Youtube Teman Belajar.

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.