Tips Menjadi Guru Les Privat

 

Menjadi guru les privat merupakan pekerjaan sampingan yang belakangan ini marak di kalangan mahasiswa. Bagi para mahasiswa, menjadi guru les privat dapat dijadikan untuk mengisi waktu luang dan menambah penghasilan tambahan. Selain itu menjadi guru les privat juga dapat menambah pengalaman bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan keguruan dan ilmu Pendidikan. Menjadi guru les privat terkesan mudah, akan tetapi apabila ditekuni akan mendapatkan hasil yang cukup besar. Bagi kalian yang baru pertama kali menjadi guru les privat pasti pernah merasa bingung apa saja yang harus dipersiapkan atau dilakukan ketika menjadi guru les privat.

Berikut beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum menjadi guru les privat:

  1. Pendekatan dengan orang tua

Pendekatan dengan orang tua merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. Berkenalan dan mendekatkan diri dengan orang tua dapat membantu kalian dalam proses belajar mengajar. Kalian dapat bertanya bagaimana prestasi atau gaya belajar siswa untuk lebih mengenal siswa. Selain itu, orang tua juga akan merasa tenang dalam memberikan kepercayaannya dengan kalian untuk membantu anaknya dalam belajar.

  1. Mengakrabkan diri dengan siswa

Dalam pertemuan awal, ajak siswa untuk sekedar mengobrol tentang kesukaannya, kesulitan yang dihadapi di sekolah, atau mata pelajaran yang disuka. Dengan melakukan pendekatan dengan siswa, dapat membuat siswa lebih santai dan terbuka kepada kalian sehingga siswa tidak sungkan untuk bertanya. Selain itu, kalian dapat mengetahui kesulitan yang dialami siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih efektif.

  1. Persiapkan materi sebelum mengajar

Sebelum mengajar, alangkah baiknya jika kalian mempelajari dan menyiapkan materi yang akan digunakan. Karena dengan kalian menguasai materi yang akan digunakan, kalian dapat memberikan penjelasan atau contoh yang menarik agar siswa mudah memahami materi yang diajarkan. Kalian juga dapat memberikan games-games dalamĀ  belajar sehingga siswa tidak mudah merasa bosan dan lebih cepat memahami materi.

  1. Sabar

Kalian tidak bisa berharap untuk mendapatkan murid yang rajin dan penurut. Ada kalanya, kalian mendapatkan murid yang nakal atau sulit diatur. Namun, apabila hal ini terjadi kalian harus bersabar dan coba untuk menjadi lebih tegas dengan memberikan peraturan dalam proses belajar mengajar. Misalnya, memberikan waktu istirahat selama 15 menit untuk siswa pergi ke toilet atau sekedar membuka HP.

  1. Berikan apresiasi

Memberikan apresiasi dalam proses pembelajaran juga tidak kalah pentingnya. Apabila siswa dapat memahami suatu materi, mendapatkan nilai ulangan yang baik, atau bahkan mendapatkan ranking di kelas kalian dapat memberikan apresiasi kepada siswa tersebut dengan memberikan pujian atau kalian dapat memberikannya hadiah. Sehingga siswa akan merasa lebih termotivasi untuk melakukan yang terbaik.

Nah, tadi adalah beberapa tips yang perlu kalian ketahui untuk menjadi guru les privat yang baik dan menyenangkan. Semoga tips yang diberikan dapat membantu kalian untuk menjadi mitra pengajar yang lebih baik.

Jadi, apakah kalian tertarik jadi guru les privat tapi bingung gimana caranya cari siswa?

Yuk join jadi mitra pengajar di Teman Belajar!

Guru Les Privat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *