Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Pengembangan Diri

Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Public Speaking2 min read

5 Februari 2021 2 min read
Public Speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu yang sering ditakuti sebagian orang. Ketakutan ini disebabkan karena saat melakukan public speaking kita diharuskan untuk berdiri sendirian di hadapan banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Tekanan itulah yang membuat kita menjadi merasa takut melakukan kesalahan sehingga menjadi tegang dan tidak percaya diri | Teman Belajar

author:

Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Public Speaking2 min read

Reading Time: 2 minutes

Public Speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu yang sering ditakuti sebagian orang. Ketakutan ini disebabkan karena saat melakukan public speaking kita diharuskan untuk berdiri sendirian di hadapan banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Tekanan itulah yang membuat kita menjadi merasa takut melakukan kesalahan sehingga menjadi tegang dan tidak percaya diri.

Padahal public speaking merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan sejak dini. Dengan membiasakan public speaking diusia remaja dapat memberikan pengaruh positif untuk kegiatan belajar. Remaja mampu menjelaskan lebih jelas saat berbicara, kemampuan argumentasi dan lobbying yang lebih bagus, kemampuan berdebat, dan berbicara diatas panggung. Seseorang dengan kemampuan public speaking yang bagus akan memiliki kepercayaan diri yang lebih karena sering dituntut untuk tampil di depan dan menjadi ketua atau penanggung jawab sebuah tim. 

Nah untuk teman-teman yang ingin belajar public speaking, kami akan memberikan tips agar lebih percaya diri dan siap saat akan melakukan public speaking

1. Menguasai materi yang akan disampaikan 

Pelajari materi yang akan disampaiakan dengan banyak membaca, lalu buatlah poin-poin penting dari materi tersebut. Kamu akan bisa lebih memahami dengan mendiskusikan materi tersebut dengan teman, saudara, guru atau orang tua.

2. Biasakan lebih banyak presentasi atau berbicara dalam sebuah diskusi

Public speaking merupakan kemampuan yang bisa dilatih, dengan lebih sering melakukan presentasi dan juga selau aktif berbicara dan berpendapat dalam sebuah diskusi. Hal-hal seperti itu dapat melatih kemampuan public speaking teman-teman.

3. Menyiapkan alat peraga

Alat peraga seperti slide presentasi dapat membantu kita mengutarakan materi  yang akan disampaikan. Kamu bisa memasukkan ilustrasi gambar, video, grafik, atau tulisan dengan ukuran besar untuk memperjelas poin penting yang akan disampaikan, terkadang kamu bisa menambahkan suara atau musik yang dapat membangun suasana. Kamu bisa bereksplorasi dan kreatif dalam menyiapkan alat peraga untuk membantu public speaking karena tidak ada batasan.

4. Menggunakan nada bicara dan gestur tubuh

Nada biacara dan gestur tubuh dapat membantu audience memahami apa yang disampaikan. Apabila kita menggunakan nada bicara yang sama maka pendengar akan bosan dan bisa jadi tidak menangkap apa yang dibiacarakan. Maka dari itu, kamu perlu menyesuaikan nada bicara dengan apa yang disampaikan. Contoh saat akan menyampaikan hal penting dapat memperlambat nada bicara dan memasang ekspresi serius. Lalu saat membicarakan hal yang seru atau lucu dapat menggunakan nada yang riang dan gestur yang heboh agar audience terbawa suasana dan memahami maksud dari yang dibicarakan. 

Ternyata kepercayaan diri seseorang akan tumbuh beriringan dengan saat seseorang mengembangkan public speakingnya. Berdiskusi dan sering berbicara di depan umum dapat dijadikan media untuk melatih public speaking. Jika kalian membutuhkan teman untuk diajak diskusi sekaligus belajar, Teman Belajar menyediakan guru les privat yang bisa kalian ajak diskusi tentang mata pelajaran atau skill umum loh. Tunggu apalagi?

Buruan temukan guru les privat yang sesuai denganmu hanya di aplikasi Teman Belajar #SemuaAdaGurunya

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.