Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Bahasa Indonesia Kelas 12

Surat Lamaran: Pengertian, Contoh dan Struktur | Bahasa Indonesia Kelas 126 min read

25 Juni 2021 5 min read
Surat Lamaran | Bahasa Indonesia Kelas 12

author:

Surat Lamaran: Pengertian, Contoh dan Struktur | Bahasa Indonesia Kelas 126 min read

Reading Time: 5 minutes

Hai, teman-teman! Pada artikel kali ini, kita akan belajar mengenai surat lamaran. Apa sih surat lamaran itu? Mengapa kita harus menulis surat lamaran? Lalu, bagaimana cara menulis surat lamaran? Biar nggak bingung-bingung lagi, langsung aja yuk, kita simak bersama pembahasan berikut!

Definisi

Surat lamaran merupakan surat resmi yang memuat permohonan untuk bekerja di instansi atau perusahaan tertentu. Surat lamaran harus ditulis atau ditik dengan rapi dan tulisan yang jelas agar dapat dibaca oleh HRD (Human Resources Development). HRD dapat melihat kepribadian pelamar dari tata letak surat lamaran yang dibuat. Pelamar juga wajib memperhatikan penggunaan bahasa dalam menyusun surat lamaran. Bahasa yang dipakai ialah bahasa formal. Adapun bahasa yang mengesankan bermaksud untuk mempromosikan diri pelamar supaya dilirik oleh pihak perusahaan. Surat lamaran dapat diartikan sebagai surat yang digunakan seseorang dengan keadaan membutuhkan pekerjaan dan surat tersebut diberikan kepada pihak yang memberikan pekerjaan.

Tujuan

Selain sebagai syarat administrasi, tujuan pembuatan surat lamaran ialah surat permohonan resmi untuk meyakinkan pihak lembaga atau perusahaan agar menerima pelamar sebagai pegawai perusahaan.

Struktur Surat Lamaran

Surat lamaran terdiri dari 2 elemen, yakni bagian surat satu lembar dan daftar riwayat hidup tiga sampai empat lembar. Daftar riwayat hidup berisi profil pelamar, pendidikan formal dan atau informal, pengalaman organisasi, pengalaman magang, pengalaman kerja, kegiatan yang pernah diikuti, dan capaian prestasi. Pelamar menggunakan daftar riwayat hidup untuk lampiran pendukung dalam meyakinkan pihak lembaga yang dilamar. Isi surat lamaran, meliputi

Tesis (pernyataan umum)

Tesis berisi informasi introduksi mengenai posisi kerja yang akan dilamar. Pada umumnya, di dalam tesis terdapat sumber identitas pelamar dan posisi yang diinginkan dalam perusahaan yang dilamar.

Argumentasi

Bagian argumentasi memuat informasi yang dilampirakan, misalnya: pasfoto pelamar dengan latar belakang berwarna biru, daftar riwayat hidup, ijazah terakhir dan transkip nilai, fotokopi KTP dan/atau SIM, surat keterangan sehat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK yang bersifat opsional), serta dokumen lain yang diperlukan oleh pihak perusahaan. Argumentasi juga dilengkapi dengan permohonan dari pelamar supaya menjadi bagian

Penegasan

Penegasan merupakan bagian akhir dari surat lamaran untuk menegaskan keinginan pelamar dalam menempati posisi yang diinginkan. Pada bagian penegasan dapat ditambahkan kelebihan atau keterampilan pelamar agar meyakinkan pihak perusahaan.

Sementara itu, ada struktur surat lamaran pekerjaan secara terperinci sebagai berikut.

  1. Kota/kabupaten dan tanggal pembuatan surat yang terletak di bagian atas sisi kanan surat. Penulisannya tanpa titik serta antara tempat dengan tanggal dibatasi oleh tanda koma dan satu spasi, contohnya: Surakarta, 10 Juni 2021.
  2. Lampiran dan hal yang penulisannya tidak disingkat. Penulisan jumlah lampiran menggunakan huruf bukan angka, contohnya: 5 ditulis lima.
  3. Alamat tujuan surat yang meliputi ketentuan penulisan: langsung menggunakan Yth. dan tidak menggunakan kepada; penulisannya maksimal 3 baris; penulisan jabatan tidak boleh diawali dengan sapaan Bapak, Ibu, Kak, dan sapaan lainnya; tidak boleh menyingkat tulisan jalan; serta akhir baris penulisan alamat tidak boleh menggunakan tanda baca.
  4. Salam pembuka yang biasa digunakan ialah dengan hormat dan diikuti tanda koma (,).
  5. Paragraf pembuka yang berisi pernyataan umum berupa maksud dari penulisan surat lamaran yang ditunjukkan kepada pimpinan perusahaan dan sumber informasi yang didapat oleh pelamar.
  6. Isi surat berisi identitas pelamar secara lengkap, alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, dan menyebutkan lampiran untuk mendukung lamaran pekerjaan.
  7. Paragraf penutup berisi keinginan pelamar untuk mendapatkan posisi yang dilamar di perusahaan tersebut dan dapat berupa harapan terhadap keputusan pimpinan perusahaan.
  8. Salam penutup berupa hormat saya sebagai tanda penghormatan dan sopan santun kepada pimpinan perusahaan.
  9. Tanda tangan dan nama lengkap penulis surat lamaran yang terletak di sisi kanan bagian bawah.

Kaidah Kebahasaan Surat Lamaran

Adapun kaidah kebahasaan yang harus tercantum dalam surat lamaran sebagai berikut.

  1. Bentuk surat lamaran standar seperti surat pada umumnya, hanya saja bersifat resmi.
  2. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Baik sesuai situasi dan benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  3. Kata atau ungkapan yang digunakan harus sopan. Apalagi, surat lamaran itu ditunjukkan kepada HRD/pimpinan perusahaan yang akan menilai pelamar dan memutuskan pelamar diterima atau ditolak.
  4. Terdapat kata pengantar yang singkat, jelas, padat, tepat sasaran, dan informatif. Kata pengantar surat lamaran terletak sebelum identitas diri yang menyatakan tujuan surat lamaran dan dari mana pelamar mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang dilamar. Pelamar dapat menuliskan informasi mengenai lowongan kerja dengan jelas, seperti nama media sosial, tanggal unggahan, instansi sekolah, dari orang lain dengan mencantumkan nama, atau inisiatif melamar sendiri.
  5. Surat lamaran yang diajukan kepada perusahaan harus bersih, sesuai kaidah PUEBI, dan mudah dibaca.
  6. Ada norma bahasa surat dengan melengkapi bagian-bagian surat, seperti tempat dan tanggal penulisan surat, tujuan surat dan alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, serta nama lengkap penulis surat.

Cara Membuat Surat Lamaran

Pelamar dapat memilih salah satu jenis pembuatan surat lamaran yang terdiri dari 2, yakni

  1. surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup. Riwayat hidup tercantum isi surat sebab isinya berbentuk gabungan. Metode ini pula disebut dengan model gabungan
  2. surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Riwayat hidup ialah lampiran serta metode ini disebut model terpisah. Surat lamaran yang biasa digunakan yakni pesan yang dipisahkan dengan riwayat hidup. Model tersebut disukai oleh para pelamar sebab isi surat tidak terlalu panjang. Tentunya, dalam pembuatan surat lamaran harus mengetahui struktur dan kaidah kebahasaannya.

Contoh Surat Lamaran

Surakarta, 10 Juni 2021

Lampiran : delapan lembar
Hal            : pemberitahuan

 

Yth. Pimpinan PT Aman Jaya

di Surakarta

 

Dengan hormat,


Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari salah satu media sosial PT Aman Jaya pada tanggal 7 Juni 2021, PT Aman Jaya membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat Lamaran ini, saya ingin bergabung dengan PT Aman Jaya yang Bapak/Ibu pimpin sebagai karyawati di bidang perlengkapan. Berikut adalah data diri saya.

Nama                                  : Mawar Melati

Tempat/Tanggal Lahir   : Surakarta/19 Mei 2000

Jenis kelamin                   : Perempuan

Agama                                : Islam

Pendidikan                        : SMA

Alamat                                : Jalan Teratai Indah Nomor 22, Kec. Dahlia

Nomor HP                        : 081234568901

Saat ini, saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Saya juga mengutamakan kejujuran, keramahan, kedisiplinan dan kerja keras. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu  pimpinan pada waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut.

  • Foto dengan latar belakang biru dan ukuran 3 x 4 cm (satu lembar)
  • Fotokopi KTP (satu lembar)
  • Daftar riwayat hidup (dua lembar)
  • Fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi (dua lembar)
  • Surat keterangan catatan kepolisian dari polres setempat (satu lembar)
  • Surat keterangan kesehatan dari puskesmas terdekat (satu lembar)

Saya berharap bisa menjadi bagian dari PT Aman Jaya yang Bapak/Ibu pimpin. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Mawar Melati

 

Nah, sekarang sudah jelas kan cara menulis surat lamaran yang baik dan benar? Selain surat lamaran, masih banyak lagi materi bahasa Indonesia yang wajib kamu pelajari untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari, lho! Materi-materi lainnya bisa kamu pelajari bareng guru les privat bahasa Indonesia di Teman Belajar. Yuk, pesan guru les privatmu sekarang, karena di Teman Belajar #SemuaAdaGurunya.

Les Privat | Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.