Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Sosiologi

Sosiologi Kelas 10: Interaksi Sosial Asosiatif3 min read

29 Maret 2021 3 min read
interaksi sosial kelas 10 SMA | Teman Belajar

author:

Sosiologi Kelas 10: Interaksi Sosial Asosiatif3 min read

Reading Time: 3 minutes

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tentu kita sebagai manusia sosial melakukan interaksi sosial. Hal tersebut dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Manusia untuk bertahan hidup perlu adanya komunikasi, dan dari situlah terjadinya interaksi sosial.

Interaksi sosial sendiri merupakan Proses hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok. Sedangkan syarat dapat dikatakan terjadinya interaksi sosial adalah ketika adanya kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial merupakan sebuah hubungan dimana satu pihak dengan pihak lain saling memberikan aksi-reaksi meski tidak bersentuhan dengan fisiknya. Komunikasi merupakan suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu ide, pesan, gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. 

Interaksi Sosial Asosiatif merupakan sebuah bentuk interaksi sosial positif dimana masyarakatnya dalam keadaan yang harmoni dan mengarah pada pola pola kerjasama. Interaksi Sosial Asosiatif juga disebut proses integratif atau konjungtif

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Interaksi Sosial Asosiatif dapat dibagi kembali menjadi beberapa macam loh! Ada 4 macam interaksi sosial asosiatif diantaranya:

1. Kerja sama (Coorporation)

Kerja sama merupakan usaha bersama yang dilakukan antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Tapi buat kalian enggak disarankan buat kerjasama saat ujian yaa, kerjain ujian secara individu ya sesuai arahan sekolah. Kerja sama dibagi menjadi empat yaitu kerja sama langsung, kerja sama spontan, kerja sama kontrak, dan kerja sama tradisional. Sedangkan menurut bentuknya kerja sama dapat dibagi menjadi gotong royong, bargaining, kooptasi, koalisi, dan Joint Venture

Contoh dari kerja sama yaitu tim basket dalam suatu pertandingan harus melakukan yang terbaik agar timnya menang dan tidak ada yang cidera. 

2. Akomodasi (Accommodation)

Akomodasi merupakan proses penyesuaian individu/kelompok yang semula saling bertentangan sebagai upaya mengatasi ketegangan. Biasanya dilakukan sebagai upaya mengatasi ketegangan-ketegangan antara pihak yang bertentangan. Tujuan akomodasi adalah untuk mengurangi perbedaan dan pertentangan sehingga menghindari konflik. Akomodasi dapat dibagi menjadi koersi, kompromi, arbitrase, mediasi, konsiliasi, toleransi, stalemate, dan ajudikasi. 

Contoh dari akomodasi adalah terjadi perselisihan antara dua perusahaan, kemudian kedua pihak dari perusahaan tersebut bertemu untuk membuat kesepakatan untuk menyelesaikan masalah. 

3. Asimilasi

Asimilasi adalah penggabungan dua kebudayaan atau lebih yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat sehingga menghasilkan kebudayaan baru dan menghilangkan budaya lama (asli). Tujuan dari asimilasi adalah agar bisa mengurangi bahkan menghindari perbedaan sehingga terjadi sebuah kesatuan yang sama.

Contoh asimilasi adalah terciptanya makanan Bistik Jawa yang berasal dari pengaruh makanan Belanda “Beef Steak”. Kini Bistik lebih dikenal sebagai makanan tradisional dari Jawa Tengah.

4. Akulturasi

Akulturasi adalah perpaduan dua kebudayaan menjadi sebuah kebudayaan baru tanpa menghilangi kebudayaan lama atau aslinya. Hal tersebut muncul sebagai akibat dari sebuah proses timbulnya kelompok atau kebudayaan yang berbeda dan lambar laun memunculkan sebuah kebudayaan baru serta diterima masyarakat tanpa menghilangkan kebudayaan lama atau aslinya. 

Contoh akulturasi adalah wayang yang muncul sebagai akibat adanya kebudayaan Jawa yaitu Pandawa dengan kebudayaan India yaitu Mahabaratha dan Ramayana. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Interaksi sosial asosiatif. Jadi interaksi sosial asosiatif dibagi menjadi empat macam yaitu Kerja sama, Akomodasi, Asimilasi dan Akulturasi. Dimana setiap macamnya dibagi kembali menjadi beberapa jenis. Semoga setelah membaca penjelasan diatas kalian menjadi paham macam-macam interaksi sosial asosiatif, jenis hingga contohnya. Kalau kalian masih bingung dan butuh mentor untuk membantu memahami pelajaran, kalian bisa mendaftar les privat Teman Belajar. Langsung aja cek aplikasi Teman Belajar yang bisa kalian download di Playstore.

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *