Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

SBMPTN

TPS dan TKA, Apa Bedanya?2 min read

4 Januari 2021 2 min read
Perbedaan TPS dan TKA

author:

TPS dan TKA, Apa Bedanya?2 min read

Reading Time: 2 minutes

Pada UTBK 2021 nanti LTMPT mengumumkan terdapat dua tes yaitu TPS dan TKA. Tetapi ternyata banyak dari kalian yang ternyata belum terlalu paham apa perbedaan TPS dan TKA. Sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang mengenal Tes Potensi Skolastik (TPS). Di artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan TPS dan TKA. Yuk simak info selengkapnya!

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes Kompetensi Akademik mengukur kemampuan kalian tentang materi yang diajarkan di sekolah. TKA terdiri dari dua jenis tes yaitu TKA Soshum dan TKA Saintek. Di mana nanti teman-teman akan diuji sesuai dengan jurusan yang kalian pilih. TKA Saintek terdiri dari Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan berbeda dengan tahun 2019, TKA Soshum hanya terdiri dari Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Dalam soal tes TKA, kalian akan mengerjakan soal yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jumlah soal dalam TKA Saintek adalah sebanyak 80 soal dan dikerjakan selama 90 menit dengan pembagian waktu per mata pelajaran adalah 22,5 menit. Sedangkan dalam TKA Soshum jumlah soalnya adalah 100 soal dan dikerjakan selama 90 menit dengan pembagian waktu per mata pelajaran adalah 18 menit.

Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum teman-teman. Di dalam tes ini terdapat empat jenis tes yang akan diujikan yaitu pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan dan menulis, dan penalaran umum. Berbeda dengan TKA di mana kalian akan mengerjakan tes sesuai prodi yang kalian pilih, TPS akan diujikan kepada semua siswa baik yang mengambil Saintek maupun Soshum. Jumlah soal yang harus kamu kerjakan dalam TPS adalah 80 soal. Waktu pengerjaannya berbeda-beda sesuai dengan pilihan jurusan. Kalian yang mengambil TPS dan TKA Saintek/Soshum akan diberikan waktu selama 180 menit. Sedangkan kalian yang memilih TPS dan TKA Campuran akan diberikan waktu selama 255 menit.

Agar teman-teman lebih paham mengenai TPS, kalian bisa mengerjakan latihan soal TPS Pengetahuan Kuantitatif dan TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Selain itu jangan lupa untuk selalu berlatih soal-soal dengan mengikuti Tryout dengan Teman Tryout dari Teman Belajar. Terdapat ratusan soal-soal dan pembahasannya juga. Download aplikasinya sekarang!

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.