Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Teman Kampus

Sama-Sama Sarjana, Ketahui Perbedaan S1 dan D42 min read

5 Maret 2021 3 min read
Perbedaan S1 dengan D4 | Teman Belajar

author:

Sama-Sama Sarjana, Ketahui Perbedaan S1 dan D42 min read

Reading Time: 3 minutes

Masih banyak yang belum mengetahui tentang pendidikan D4. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sosialisasi tentang pendidikan D4, sehingga menyebabkan pendidikan D4 tidak sepopuler S1. Pada bulan Februari lalu, Kemendikbud menetapkan program D4 setara dengan S1. Program S1 dan D4  juga memiliki durasi waktu yang sama yakni sama-sama 4 tahun. Lalu apa yang membedakan antara D4 dan S1 ? 

Berikut perbedaan antara pendidikan D4 dan S1 : 

1. Kurikulum yang akan dipelajari

Sumber: freepik.com

Baik D4 maupun S1 memiliki masa studi 4 tahun, bahkan jumlah sks cenderung sama yakni 144 sks. Hal yang membedakan adalah pada kurikulum perkuliahannya. D4 lebih fokus pada praktik, sedangkan S1 akan lebih fokus pada teori. 

Pendidikan D4 memang menitikberatkan pada praktik, karena memang tujuan dari program D4 adalah untuk mengasah skill sesuai dengan jurusan yang diambil. Perbandingan teori dengan praktiknya sekitar 40:60. Sedangkan pada pendidikan S1 akan lebih banyak mempelajari teori dibandingkan dengan praktik. Perbandingan teori dan praktiknya sekitar 60:40. 

2. Syarat kelulusan

Sumber: freepik.com

Syarat kelulusan pada S1 dan D4 kurang lebih sama yakni harus memenuhi satuan kredit semester (sks) yang diwajibkan, memenuhi ipk minimal, tidak ada mata kuliah yang mengulang dan lain sebagainya. Namun yang membedakan adalah tugas akhirnya. Jika pada pendidikan S1 tugas akhirnya dikenal dengan skripsi, maka pada pendidikan D4 harus menyelesaikan praktik kerja lapangan dahulu lalu melaporkan laporan ilmiah sebagai tugas akhirnya.

3. Gelar

Sumber: freepik.com

 

Perbedaan lainnya adalah pada gelar yang diperoleh setelah lulus. Pada pendidikan S1 yang sudah lulus akan mendapat gelar sarjana sesuai dengan program studi yang diambil. Contohnya Sarjana ilmu komunikasi gelarnya akan ditulis S.I.Kom . Sedangkan lulusan pendidikan D4 mendapatkan gelar Sarjana Terapan sesuai dengan progam studi yang diambil. Contohnya adalah penulisan gelar Sarjana Terapan Akuntansi akan ditulis S.Tr.Akun.

4. Jalur pendidikan lanjutan

Sumber: freepik.com

Perbedaan terakhir adalah pada jalur pendidikan lanjutan dari pendidikan S1 dan D4. Pada lulusan pendidikan S1 jalur pendidikan lanjutannya adalah pendidikan S2 dan pendidikan S3. Sedangkan pada pendidikan D4 dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sp1 (Spesialis 1) dahulu. Sp1 adalah pendidikan profesional diploma. Namun setelah itu lulusan D4 tetap bisa melanjutkan ke pendidikan S2 dan pendidikan S3.

 

Itulah beberapa perbedaan antara pendidikan S1 dan D4. Meskipun pendidikan D4 tidak sepopuler pendidikan S1. Namun keduanya setara sesuai dengan SK Menteri Pendidikan Nomor 234/U/2000 pasal 1 ayat 16, yang isinya adalah “program D4 setara dengan program S1”. Selain itu lulusan dari D4 tidak kalah saing dengan lulusan S1, apalagi lulusan D4 lebih banyak melakukan praktik, sehingga sudah siap berada di dunia kerja.

Kamu berminat atau tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D4 ? Atau ke jenjang S1?  Kamu tidak perlu khawatir lagi. Belajar bersama tutor pilihanmu sendiri di Teman Belajar, Selain itu kamu juga bisa mengikuti Try Out dari Teman Try Out. Semua hanya ada di satu aplikasi, tunggu apa lagi?  Download aplikasinya di Playstore !

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *