Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Tips Belajar

Mengenal Salah Satu Metode Pembelajaran yang Efektif : One on One Mentorship4 min read

12 Agustus 2021 4 min read
Metode pembelajaran les privat | Teman Belajar

author:

Mengenal Salah Satu Metode Pembelajaran yang Efektif : One on One Mentorship4 min read

Reading Time: 4 minutes

Halo, teman ambis! Tidak terasa, sudah satu tahun lebih kita semua menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau biasa kalian sebut sekolah online. Kebijakan tersebut membuat belajar yang sebelumnya bertatap muka dilakukan melalui daring atau online. Bicara soal sekolah online yang dilakukan sejak adanya pandemi COVID-19, pasti banyak sisi positif dan negatif yang didapati. Sekolah online membuat teman ambis jadi kurang bersosialisasi dan mudah lelah karena harus berhadapan dengan gadget setiap harinya. Namun, sekolah online juga memberikan dampak positif, lho. Salah satu dampak positifnya adalah metode pembelajaran yang teman ambis dapatkan menjadi lebih variatif dan tidak hanya berpatok pada metode pembelajaran konvensional atau metode ceramah.

Metode pembelajaran merupakan cara-cara dalam melakukan aktivitas antara pengajar dan siswa ketika berinteraksi dalam proses belajar. Pengajar perlu mengetahui dan mempelajari metode pengajaran agar dapat menyampaikan materi dan dimengerti dengan baik oleh siswa. Tapi, apakah teman ambis tahu? Ternyata metode pembelajaran secara One on One Mentorship lebih efektif digunakan, lho! Apa itu metode One on One Mentorship? Mengapa lebih efektif digunakkan untuk metode pembelajaran? Langsung saja, yuk kita bahas bersama-sama!

Apa itu Metode Pembelajaran One on One?

Pada tahun 1984, psikolog pendidikan Benjamin Bloom menerbitkan penelitian tentang metode pembelajaran untuk siswa. Pada penelitiannya, dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa yang menggunakan metode pembelajaran One on One Mentorship dengan menggunakan teknik Mastery Learning lebih baik daripada siswa yang belajar melalui metode konvensional.

Grafik One on One Mentorship | Teman Belajar

Penelitian Bloom menjelaskan dua hal yang diperlukan siswa untuk mencapai hasil pada grafik tersebut, yaitu:

  1. Siswa dibimbing dengan metode One on One Mentorship
  2. Pengajar menggunakan Mastery Learning

Mastery Learning atau pembelajaran penguasaan merupakan metode pendekatan pendidikan di mana pengajar melakukan pengajaran kepada siswa selama diperlukan untuk memastikan siswa telah menguasai satu topik atau keterampilan sebelum pindah ke yang berikutnya. Pembelajaran penguasaan dapat diterapkan baik di ruang kelas kecil atau dengan bimbingan satu-satu.

Pada penelitiannya, Benjamin Bloom menyimpulkan metode One on One Mentorship (les privat) lebih efektif, namun ternyata memiliki kekurangan yakni terlalu mahal untuk digunakan secara luas karena pada saat itu (1984) teknologi video call belum ditemukan. Keefektifan metode One on One Mentorship tersebut sejalan dengan survei yang dilakukan oleh tim Teman Belajar, dimana sebanyak 97,8% responden yang menggunakan layanan les privat dari Teman Belajar mengatakan bahwa nilai dan pemahaman mereka meningkat setelah menggunakan layanan les privat dari Teman Belajar.

Survei Hasil Perkembangan Les Privat di Teman Belajar
Hasil survei tim internal Teman Belajar menunjukan bahwa 97,8% siswa mengalami kenaikan nilai setelah menggunakan layanan les privat dari Teman Belajar.

 

Setelah beberapa dekade, dunia mengalami perkembangan teknologi yang sangat cepat dan banyak ditemukan teknologi-teknologi baru salah satunya adalah video call. Akibat penemuan-penemuan tersebut, kini metode pembelajaran One on One Mentorship menjadi jauh lebih murah dan terjangkau. Teman Belajar hadir dengan visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi. Melalui layanan Teman Privat, siswa bisa belajar dengan metode One on One Mentorship (les privat) dengan guru-guru terbaik dari Teman Belajar baik secara offline maupun online.

Salah satu contoh metode pembelajaran One on One adalah les privat. Dengan les privat, teman ambis akan mendapatkan bimbingan belajar secara pribadi dan akan lebih fokus saat belajar. Ada beberapa manfaat bagi teman ambis jika mengikuti bimbingan belajar secara privat, lho!

Lebih Fokus Belajar

Belajar dengan les privat dapat membuat teman ambis lebih fokus. Kenapa? Itu dikarenakan pengajar les privat dapat memberikan fokus pengajaran pada pelajaran dan topik tertentu yang lebih dibutuhkan misalnya saat akan ulangan matematika, saat ada tugas sekolah, dan memberikan penekanan pada topik pelajaran yang sulit dikuasai.

Waktu Belajar Fleksibel

Saat akan mengikuti les privat, teman ambis bisa memilih jadwal sesuai kebutuhan teman ambis, lho! Semisal teman ambis punya waktu kosong di sore hari atau malam hari, kalian bisa gunakan waktu tersebut untuk les privat.

Kenyamanan Psikologis

Salah satu dari manfaat dari lest privat adalah akan mendapatkan kenyamanan psikologis  dan terhindar dari tekanan dan stres dari faktor luar. Pengajar les privat akan membantu teman ambis mendalami ataupun mengulang materi pelajaran.

Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

Setelah memberikan kenyamanan secara psikologis, hal tersebut akan menambah kepercayaan diri teman ambis untuk mengajukan pertanyaan saat belum memahami materi tertentu. Banyak orang merasakan, mereka terkadang merasa minder jika belajar di ruang kelas atau kelompok belajarnya. Masalah ini dapat dihindari jika Anda menggunakan jasa guru les privat.

 

Nah, sekarang kalian jadi ngga perlu pusing lagi jika masih belum paham dengan materi pelajaran sekolah. Dengan les privat, teman ambis akan bisa belajar dengan fokus dan tentunya bisa meningkatkan prestasi akademik. Kalian bisa ikut les privat dari Teman Belajar. Selain gurunya asik, kalian bisa loh les dimana saja dan kapan saja. Seru kan? langsung aja download aplikasi Teman Belajar sekarang juga!

Les Privat | Teman Belajar

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.