Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

AKM

Mengenal Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional tahun 20213 min read

27 November 2020 3 min read
AKM | Teman Belajar

author:

Mengenal Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional tahun 20213 min read

Reading Time: 3 minutes

Teman-teman pasti sudah mendengar kabar bahwa pada tahun 2021 Ujian Nasional resmi dihapuskan. Mendikbud Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional. Apa itu Asesmen Nasional? Yuk kita kenalan sama Asesmen Nasional!

Apa itu Asesmen Nasional?

Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap kualitas setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Bapak Nadiem Makarim juga menjelaskan tujuan utama mengganti UN menjadi Asesmen Nasional adalah untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di Indonesia.

Terdapat tiga tipe ujian yang dinilai dalam Asesmen Nasional, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimum mengukur literasi membaca dan numerasi matematika.

Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis agar para siswa dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

  1. Survei Karakter

Survei Karakter mengukur sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai (values) yang dimiliki oleh para siswa. Dengan adanya Survei Karakter ini, pemerintah mengharapkan siswa-siswi Indonesia sesuai dengan profil pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

  1. Survei Lingkungan Belajar

Survei Lingkungan Belajar mengevaluasi kualitas pembelajaran berdasarkan lingkungan sekolah dan situasi pada saat proses belajar mengajar di sekolah. Dalam Survei Lingkungan Belajar tidak hanya dikerjakan oleh murid saja, melainkan guru dan kepala sekolah juga melakukan Survei Lingkungan Belajar.

Bentuk Soal Asesmen Nasional

Terdapat lima bentuk soal dalam Asesmen Nasional, yaitu:

1. Pilihan ganda

Siswa hanya bisa memilih satu jawaban yang benar dalam satu soal.

2. Pilihan ganda kompleks

Siswa memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.

3. Menjodohkan

Siswa menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.

4. Isian singkat

Siswa dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.

5. Uraian

Siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Perbedaan Asesmen Nasional dan Ujian Nasional

Berbeda dengan Ujian Nasional yang diikuti oleh kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA, Asesmen Nasional hanya akan diikuti oleh peserta didik kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kelas 11 SMA. Kalau dalam Ujian Nasional kalian melaksanakan ujian selama 4 hari, Asesmen Nasional hanya akan berlangsung selama 2 hari saja. Pelaksanaannya juga berbeda dengan Ujian Nasional, Asesmen Nasional dilakukan secara full online, semi online dan offline (sekolah tertentu).

 

Jenis Soal

Dalam literasi membaca, materinya berupa teks informasi dan sastra. Hal ini bertujuan untuk menemukan, interpretasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi informasi para siswa. Sedangkan dalam numerasi materinya berupa aljabar, bilangan, geometri, pengukuran data dan ketidakpastian. Materi ini bertujuan untuk pemahaman, penerapan dan penalaran para siswa.

 

Pengerjaan AKM

Pengerjaan AKM akan dilakukan menggunakan komputer. Murid kelas 5 SD akan mengerjakan 30 soal untuk masing-masing literasi membaca dan numerasi. Sedangkan untuk murid kelas 8 SMP dan 11 SMA akan mengerjakan 36 soal. Karena pengerjaan AKM hanya akan dilaksanakan selama dua hari, maka pembagiannya sebagai berikut:

  1. Hari pertama

Tes Literasi akan dilakukan selama 75 menit (untuk SD) & 90 menit (untuk SMP/SMA).

Survei Karakter akan dilakukan selama 20 menit (untuk SD) &  30 menit (untuk SMP/SMA).

  1. Hari kedua

Tes Numerasi akan dilakukan selama 75 menit (untuk SD) & 90 menit (untuk SMP/SMA).

Survei Lingkungan belajar akan dilakukan selama 20 menit (untuk SD) & 30 menit (untuk SMP/SMA).

 

Supaya kalian lebih memahami bagaimana contoh soal-soal AKM, kalian bisa melihatnya di Latihan Soal AKM Numerasi kelas 8 part 1 & part 2 dan Latihan Soal AKM Numerasi kelas 11 part 1 & part 2. Sudah ada soal dan pembahasannya juga loh. Jangan lupa untuk selalu berlatih soal-soal AKM mulai dari sekarang atau kalian bisa belajar dengan guru favorit kamu dengan Teman Privat.

 

One Comment
  1. Dzizu

    Wah, baru tau saya

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *