foto : journeytoamor.com

Setiap organisasi sukses memiliki pernyatan misi yang menjelaskan tujuan dan sasaran organisasi tersebut. Biasanya Ini mencakup visi untuk masa depan, nilai-nilai atau prinsip yang mendasarinya dan hasil yang diinginkan. Dengan membuat pernyataan misi organisasi diharapkan setiap anggota organisasi dapat menjunjung tinggi nilai-nilai, prinsip dan berperilaku sesuai dengan pernyataan misi tersebut dan mereka saling bahu-membahu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan secara bersama-sama.

Jika sebuah organisasi perusahaan menggunakan pernyataan misi perusahaan untuk menciptakan kesuksesan bagi perusahaan mereka. Mengapa kita sebagai orang tua tidak menerapkan cara tersebut kepada keluarga kita? Lagipula prinsip yang digunakan sama yaitu “Mulai Dengan Tujuan Akhir”.   Mulai dengan tujuan akhir artinya memulai dengan pemahaman yang jelas mengenai tujuan keluarga anda di masa depan. Dengan menulis pernyataan misi keluarga, anda dapat menggunakan pernyataan misi ini sebagai standar atau kriteria untuk melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan.

Pernyataan misi ini memberikan keselarasan, kesatuan dan arah kepada keluarga anda. Ketika nilai-nilai seseorang selaras dengan nilai-nilai keluarganya, secara sadar anggota keluarga dapat bekerja sama untuk meraih tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pernyataan misi menjadi kerangka untuk berfikir dan manajemen keluarga. Ketika masalah dan krisis terjadi, pernyataan misi keluarga dapat menjadi sebuah peta, standar atau acuan untuk memberikan arah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan berdasarkan prinsip yang benar.

Dalam membuat pernyataan misi keluarga, anda harus melibatkan seluruh anggota keluarga. Pernyataan misi terbaik berasal dari anggota keluarga yang bersama-sama dalam semangat saling menghormati, mengekspresikan pandangan mereka yang berbeda dan bekerja sama untuk meraih sesuatu yang lebih besar daripada yang bisa dilakukan oleh seorang individu sendirian.

Cara membuat pernyataan misi keluarga :

Memiliki pernyataan misi keluarga dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam antara orang tua dan anak karena mereka saling mendukung dan saling membantu satu sama lain. Rasa kebersamaan dan tujuan keluarga dapat memperkuat saat setiap anggota keluarga tahu bahwa setiap orang berkomitmen terhadap kesuksesan dan perkembangan masing-masing anggota keluarga. Anda dapat membuat sebuah pernyataan misi keluarga hanya dalam 3 langkah.

  • Pertama Menjelaskan tujuan atau output yang ingin diperoleh
  • Kedua, buat pernyataan misi
  • Ketiga, berkomitmen untuk menjalani hidup dengan pernyataan misi tersebut

Menjelaskan Tujuan :

Menjelaskan tujuan penulisan misi keluarga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya anda bisa memulai dengan bercerita tentang proses pembuatan rumah yang membutuhkan desain rumah yang akan dibangun secara detil lebih dahulu sebelum mulai meletakkan batu pertama agar pekerjaan efektif dan efisien. Begitu juga dalam manajemen keluarga, setiap keluarga harus mempunyai pemahaman yang jelas tentang tujuan dari keluarga tersebut. Anda dan keluarga harus mengetahui posisi saat ini dan kemana akan pergi sehingga anda dan kelurga dapat membuat langkah-langkah yang jelas dan selalu menuju kearah yang benar.

Cara lain yang lebih menyenangkan yang bisa anda gunakan adalah dengan bermain menyusun puzzle gambar :

gambar A. puzzle acak

1. Berilah setiap anggota keluarga puzzle gambar yang sudah diacak dan mintalah setiap anggota keluarga untuk menggabungkannya dalam waktu 45 detik (tanpa melihat contoh gambar puzzle yang benar). Beri setiap orang kesempatan untuk mencoba. (lihat gambar A.puzzle acak)

2. Setelah masing-masing anggota keluarga mencoba, tanyakan kepada mereka hal apa yang bisa membuat permainan ini menjadi lebih mudah?. Biasanya mereka akan memberi jawaban seperti ini, jika saja mereka punya gambaran contoh puzzle yang benar atau waktu yang lebih banyak, mereka mungkin dapat menyusun gambar itu dengan lebih baik.

 

gambar B. contoh puzzle yang telah disusun dengan benar

3. Langkah selanjutnya adalah tunjukan contoh gambar puzzle yang telah disusun dengan benar (lihat gambar B. contoh puzzle yang benar), kemudian beri waktu selama 45 detik untuk kembali mencoba menyusun gambar puzzle acak. Setelah itu tanyakan kepada mereka, “Bagaimana hasilnya? Mengapa jadi lebih mudah?” Ini akan menjadi pelajaran berharga untuk menunjukan betapa pentingnya memiliki visi, gambaran atau rencana dalam melakukan sesuatu.

Membuat Pernyataan Misi

Setelah menentukan hasilnya, langkah selanjutnya adalah membuat pernyataan misi keluarga. Untuk melakukan ini, cari tahu apa yang paling penting bagi keluarga anda dengan menjawab pertanyaan berikut :

  1. Apa tujuan keluarga kita?
  2. Apa rencana yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut?
  3. Perasaan seperti apa yang ingin kita miliki di rumah?
  4. Hubungan seperti apa yang kita inginkan dari sesama anggota keluarga?
  5. Apa prioritas keluarga kita?
  6. Apa tanggung jawab kita sebagai anggota keluarga?

Beri kesempatan setiap anggota keluarga untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang apa yang menurut mereka penting bagi keluarga anda. Pernyataan misi tidak perlu panjang dan formal, hal terpenting adalah bahwa pernyataan misi ini mewakili apa yang penting bagi anda dan anggota keluarga anda. Proses pembuatan pernyataan misi keluarga sama pentingnya dengan hasil yang diharapkan, jadi tidak perlu terburu-buru dalam membuat pernyataan misi keluarga. Proses Ini mungkin akan memakan waktu hingga beberapa minggu atau bulan. Lakukan evaluasi terhadap pernyataan misi tersebut secara rutin untuk memperluas sudut pandang, mengubah penekanan atau arah. Pastikan bahwa pernyataan misi tersebut dengan jelas mewakili sesuatu yang penting bagi setiap anggota keluarga.

Hiduplah dengan pernyataan misi yang telah dibuat

Setelah anda membuat pernyataan misi keluarga anda, pastikan setiap anggota keluarga dapat dengan mudah melihat pernyataan misi tersebut. Anda bisa membingkai pernyataan misi keluarga dan meletakkannya di ruang keluarga, tempat makan ataupun di ruang santai. Anda juga bisa menggunakan cara seperti mengulangi pernyataan misi yang telah dibuat saat makan bersama untuk mengingatkan bahwa mereka punya tujuan akhir yang harus dicapai bersama-sama. Dengan membaca kalimat mengenai suara-suara cinta di dalam keluarga, peraturan, tanggung jawab, kerja sama, tolong-menolong, pengembangan bakat, pemenuhan tujuan bersama, melayani satu sama lain, misi ini dapat memberi kriteria tentang bagaimana setiap anggota keluarga bersikap pada hal-hal yang paling penting.

contoh pernyataan misi keluarga :

Misi keluarga kami adalah :

1. Beribadah dan mengabdi kepada Allah SWT

2. Mencintai satu sama lain

3. Membantu satu sama lain

4. Percaya satu sama lain

5. Menggunakan waktu, bakat dan sumber daya dengan bijak satu sama lain

SELAMANYA

Komitmen dan konsisten adalah kunci keberhasilan kebiasaan ini.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *