Cerita Teman

Cerita Ashya Berhasil Masuk Jurusan Akuntansi UNDIP bersama Teman Belajar3 min read

5 April 2021 3 min read

author:

Cerita Ashya Berhasil Masuk Jurusan Akuntansi UNDIP bersama Teman Belajar3 min read

Reading Time: 3 minutes

UTBK sudah tinggal hitungan hari lagi nih. Di artikel kali ini kita akan membahas cerita salah satu pengguna Teman Belajar yang berhasil lolos SBMPTN 2020. Mau tau cerita inspiratifnya? Yuk kita simak bareng-bareng!

Cerita teman kali ini bersama dengan Ashya Julidha yang berhasil masuk jurusan Akuntasi UNDIP angkatan 2020. Ashya sudah berlangganan les privat di Teman Belajar dari tahun 2019 sampai 2020 untuk membantu persiapan UTBKnya. “Les di Teman Belajar bantu aku banget sih kak buat persiapan UTBK. Apalagi Teman Pengajarnya baik dan kalau ngejelasin materi jelas, jadi aku bisa langsung paham” katanya. Meskipun pada saat itu persiapan UTBK terhalang oleh pandemi, tapi ia tidak pantang menyerah loh teman-teman.

Tips dari Ashya untuk persiapan UTBK adalah banyak-banyak berlatih soal dan ketika ada soal yang tidak bisa dikerjakan, ia langsung bertanya ke Teman Pengajar. Selain itu ia juga menggunakan Teman Tryout yaitu layanan Tryout Online dari Teman Belajar untuk membantu membiasakan diri dengan berlatih soal-soal UTBK. Dikarenakan Teman Tryout sudah menggunakan sistem penilaian IRT seperti sistem penilaian pada UTBK, dapat membantu Ashya untuk mengetahui kemampuannya dalam menghadapi UTBK. Wah paket lengkap banget nih pokoknya, ada Teman Privat dan Teman Tryout yang siap membantu kamu untuk persiapan UTBK.

Siapa yang pengen juga masuk ke jurusan akuntansi seperti Ashya?

Tapi sebelum itu, teman-teman tahu nggak sih apa saja yang dipelajari di jurusan Akuntansi? Yuk kita cari tahu lebih lanjut!

Apa sih Jurusan Akuntansi?

Jurusan Akuntansi adalah jurusan yang mempelajari pencatatan, proses mengidentifikasi, dan penggolongan laporan keuangan bagi suatu perusahaan. Buat anak IPS pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan ini, karena kamu pasti sudah mempelajarinya di mata pelajaran akuntansi. Hampir sama dengan mata pelajaran akuntansi di SMA, jurusan ini juga membutuhkan ketelitian kamu dalam memasukkan data. Namun di perkuliahan tentunya kamu akan mempelajari akuntansi lebih detail lagi.

Mata Pelajaran Yang Kamu Pelajari di Jurusan Akuntasi

Pada awal semester biasanya kamu akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, pengantar akuntansi, neraca saldo, mencatat transaksi, dan membuat laporan keuangan. Tetapi selain mempelajari laporan keuangan dan yang berkaitan dengan akuntansi, di jurusan Akuntansi khususnya di UNDIP juga mempelajari hal-hal lain. “Di semester 1 aku juga belajar manajemen, terus belajar bisnis. Kalo di semester 2 ini aku dapet pelajaran Internet of Things (IOT) dan juga analisis big data” kata Kak Ashya.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Beberapa prospek kerja menjanjikan untuk lulusan Akuntansi:

  1. Akuntan Publik

Menjadi akuntan publik pada jaman sekarang bisa dibilang sebagai freelancer. Karena akuntan publik tidak terkait oleh suatu perusahaan atau organisasi mana pun. Tugas yang dilakukan akuntan publik biasanya memeriksa kelayakan operasi perusahaan, melaporkan konsekuensi pajak, dan menganalisis laporan keuangan berbagai perusahaan.

  1. Internal Auditor

Karena banyaknya perusahaan yang membutuhkan internal auditor menjadikan prospek kerja satu ini mempunyai peluang yang besar bagi lulusan Akuntansi. Tugasnya adalah memastikan, mengevaluasi, serta mengidentifikasi laporan keuangan suatu perusahaan apakah sudah sesuai dan tidak ada yang menyimpang.

  1. Pegawai BI atau OJK

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan lembaga keuangan pemerintahan seperti Bank Indonesia (BI) dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lulusan akuntansi juga bisa melamar pekerjaan di lembaga pemerintahan, namun harus diingat persaingan dan proses seleksinya sangat ketat.

  1. Perencana Keuangan

Jika kamu ingin menjadi perencana keuangan (financial planner) kamu harus mengambil sertifikasi perencanaan keuangan yaitu Certified Financial Planner (CFP). Tugas dari perencana keuangan biasanya menjadi konsultan untuk perusahaan atau individu yang mau merencanakan keuangannya untuk jangka panjang.

  1. Akuntan Pendidik

Selain bekerja di perusahaan dan pemerintah, lulusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai tenaga pendidik. Kamu bisa menjadi guru di sekolah maupun dosen. Tetapi untuk menjadi dosen kamu harus melanjutkan pendidikan S2 terlebih dahulu.

Nah itu tadi cerita dan seluk beluk tentang jurusan Akuntansi dari Ashya. Pesan Ashya untuk angkatan 2021 yang ingin masuk ke jurusan Akuntansi yaitu harus semangat dan perbanyak belajar akuntansi dari sekarang. Karena menurutnya masuk ke jurusan akuntansi lumayan berat kalau teman-teman belum terlalu memahami dasar-dasar akuntansi.

Gimana nih teman-teman, jadi ingin masuk ke jurusan akuntansi juga nggak? Kamu juga bisa les dengan guru privat di Teman Belajar dan berlatih soal-soal dengan Teman Tryout seperti Ashya untuk persiapan UTBK kamu. Yuk download aplikasinya sekarang!

Tryout Online Teman Belajar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.