Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Teman Kampus

Lebih Kenal dengan Jurusan Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS)3 min read

2 Maret 2021 2 min read
Mengenal Jurusan Farmasi UNS | Teman Belajar

author:

Lebih Kenal dengan Jurusan Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS)3 min read

Reading Time: 2 minutes

Nama : Inna Zuhriah Zain

Asal : Surakarta

Jurusan : S1 Farmasi UNS  2018

 

Jurusan Farmasi UNS menempati rangking no 3 keketatan tingkat Nasional bidang SAINTEK. Tidak hanya di UNS, semakin tahun jurusan farmasi semakin banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Namun masih banyak nih yang belum tahu betul seluk beluk jurusan farmasi. Kali ini Teman Belajar akan mengajak kalian lebih kenal lagi dengan jurusan farmasi bersama Kak Inna. 

Jurusan Farmasi Mempelajari Apa Aja?

Banyak orang yang berpikir farmasi itu hanya mempelajari obat-obatan. Namun sebenernya farmasi itu mempelajari hal yang lebih kompleks seperti, membuat obat dari awal, baik obat biasa, obat herbal bahkan membuat jamu, anatomi manusia, efek samping obat dan juga menganalisis penyakit. Meracik obat-obatannya pun dalam bentuk tablet, pil, sirup, salep, dan  imulsi. Mata kuliahnya juga meliputi pelajaran kimia, fisika, biologi dan matematika yang berkaitan dengan farmasi. Sehingga ada beberapa materi pelajaran SMA yang akan dipelajari lagi di jurusan farmasi. 

Jurusan Farmasi nanti juga akan dibagi peminatannya yakni Farmasi Industri dan Farmasi Klinik. Di Farmasi Industri nanti akan merancang obat dan menganalisis kenapa obat tersebut bisa salah, selain itu di industri juga dapat menguji makanan, minuman, jamu, dan juga obat. Kalau Farmasi Klinik akan menganalisis penyakit, lalu menganalisis obat yang cocok untuk penyakit tersebut. 

Apa Sih yang Membuat Farmasi Banyak Sekali Peminatnya?

Sebenarnya dari dulu peminat farmasi sudah banyak, namun sekarang memang semakin bertambah peminatnya. Mungkin memang farmasi banyak diminati karena farmasi adalah salah satu jurusan di bidang medis yang tidak banyak turun ke lapangan seperti kedokteran yang harus mengoperasi pasien. Namun farmasi juga bisa melakukan analisis kesehatan dan mengobati pasien. Terkadang banyak dari anak farmasi adalah anak yang juga mendaftar kedokteran dan tidak terima, jadi farmasi juga sering dijadikan pilihan kedua setelah dokter. Tetapi banyak faktor juga sebenarnya kenapa farmasi banyak diminati, mungkin karena banyak orang-orang yang bercita-cita meracik obat, atau bahkan cita-citanya mengobati pasien.  

Bedanya S1 Farmasi dan D3 Farmasi

Sebenarnya perbedaannya dasar banget. Perbedaan pertamanya adalah kalau S1 kuliahnya akan lebih banyak teorinya sedangkan kalo D3 kuliahnya akan lebih banyak praktiknya. Contohnya kalau Anak D3 Farmasi praktik laboratorium 8 kali, S1 Farmasi praktik 4 kali. Sebenarnya tetep banyak juga pratik laboratoriumnya tapi tetep lebih banyak D3. Perbedaan kedua perbedaan durasi kuliahnya, yakni lebih singkat durasi kuliah D3 dibandingkan dengan S1. Kalau S1 kurang lebih 4 tahun, sedangkan D3 kurang lebih 3 tahun. Perbedaan ketiganya adalah setelah lulus nanti lulusan D3 Farmasi tidak bisa menjadi manajer dari apotik atau juga tidak bisa membuka apotiknya sendiri, lulusan D3 hanya bisa meracik obat di apotik. Sedangkan lulusan S1 Farmasi dapat membuka dan menjadi manajer di apotik. 

Pesan Untuk Camaba Farmasi?

Buat temen-temen calon mahasiswa baru yang mau daftar farmasi semangat ya! Karena jurusan farmasi harus siap sibuk, namun juga bakalan seru banget karena kalian bakalan sering praktik di laboratorium dan itu seru banget. Jadi semangat ya angkatan 2021!

Nah itu dia seluk beluk jurusan farmasi UNS bersama Kak Inna, semoga menjadi lebih kenal dengan jurusan farmasi dan dapat bermanfaat bagi kalian yang pengen masuk jurusan farmasi. Untuk membantu kalian masuk di jurusan yang kalian inginkan, Teman Belajar siap membantu kalian dengan layanan Teman Try Out dan Teman Privat. Tunggu apa lagi? Buruan download aplikasinya !

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *