Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

AKM AKM SMP

Latihan Soal AKM Literasi Teks Informasi kelas 88 min read

2 September 2021 7 min read
soal dan pembahasan AKM literasi kelas 8

author:

Latihan Soal AKM Literasi Teks Informasi kelas 88 min read

Reading Time: 7 minutes

Memahami: Menyusun Inferensi, Membuat Koneksi dan Prediksi baik Teks Tunggal maupun Teks Jamak

Halo, teman ambis! Untuk mempersiapkan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional, tentunya kita harus banyak berlatih soal. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas contoh-contoh soal AKM Literasi Teks Informasi. Langsung saja kita simak bersama latihan soal dan pembahasan berikut ya!

1. Tipe Soal: Pilihan Ganda

SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT

Disaur oleh: Tyas KW

Pemerintah menggalakkan keikutsertaan masyarakat untuk memecahkan permasalahan di lingkungan tempat tinggalnya. Salah satu permasalahan tersebut adalah kebersihan sanitasi lingkungan, yang mencakup pengelolaan sampah, limbah rumah tangga, serta saluran air buangan. Untuk menggalakkan keterlibatan masyarakat tersebut, pemerintah menggalang program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan STBM dapat dirangkum dalam poster berikut ini.

Jawaban: C

Pembahasan:

Sesuai dengan isi poster yang menunjukkan lima pilar atau tahapan untuk melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Jawaban yang A tidak mewakili semua isi poster karena hanya menjelaskan satu dari lima pilar gerakan STBM. Jawaban yang B hanya memaparkan tujuan dari kegiatan STBM, bukan isi dari poster. Jawaban yang C mewakili isi poster karena menjelaskan adanya 5 tahapan yang harus dilakukan demi berlangsungnya gerakan  STBM. Jawaban D memang benar kalau lima pilar STBM yang mengadakan ialah Dinas Kesehatan Kabutapen Rejang Lebong, tetapi pemerintah dari Dinas Kesehatan tidak mengmpanyekan atau tidak hanya sekadar mengenalkan melainkan menggiatkan masyarakat untuk wajib melakukan 5 langkah tersebut. Sementara itu, jawaban yang E hanya mengajak masyarakat untuk melaksanakan kegiatan STBM, tidak menjabarkan isi dalam poster.

2. Tipe Soal: Pilihan Ganda

Perhatikan poster di bawah ini!

Mengapa di bagian bawah poster ini terdapat informasi situs resmi dan media sosial?

A. Agar pembaca bisa menelusuri sumber berita dan bisa mendapatkan informasi lebih banyak.

B. Untuk memperkenalkan GERMAS sebagai salah satu program pemerintah kepada masyarakat.

C. Untuk menunjukkan Kementerian Kesehatan RI selalu mengikuti perkembangan zaman.

D. Agar bisa saling berbagi tips dan ide terkait dengan pesan yang ada di dalam poster.

E. Karena poster ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Jawaban: A

Pembahasan:

Dengan adanya informasi situs resmi dan media sosial pembuat atau pencipta poster akan mempermudah pembaca untuk mengetahui lebih dalam terkait informasi yang berhubungan dengan isi poster. Pembaca dapat menelusuri lebih lanjut mengenai kebenaran isi poster tersebut di situs resminya pembuat poster agar terhindar dari hoaks. Masyarakat juga bisa mengakses informasi lainnya berkaitan dengan kesehatan dari sumber yang valid, aktual, dan kredibel. Jadi, alasan yang tepat terkait adanya informasi situs resmi dan media sosial kementerian kesehatan di bagian bawah poster adalah pembaca dapat menelusuri sumber berita dan mendapatkan informasi lebih banyak.

3. Tipe Soal: Pilihan Ganda Kompleks

“Seorang yang mengalami keterlambatan terhadap perkembangan otak” Kesimpulan yang tepat dari pernyataan tersebut adalah …

Pilihlah pernyataan yang benar sesuai dengan kutipan di atas! Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.

A. Perkembangan fisik yang terhambat.

B. Mengalami masalah stunting pada individu.

C. Memiliki IQ yang tidak tinggi jika stunting.

E. Keseimbangan gizi saat dalam kandungan.

Jawaban: B dan C

Pembahasan:

Sesuai dengan pernyataan yang tertera di poster terkait stunting dapat mengakibatkan perkembangan otak dan fisik akan terhambat serta lebih banyak anak yang ber-IQ rendah di kalangan yang mengalami stunting ketimbang yang tidak stunting. Hal itu menjadikan  acuan dari pernyataan yang mengungkapkan bahwa seseorang yang mengalami keterlambatan terhadap perkembangan otak berarti orang tersebut mengalami stunting secara individu dan IQ-nya rendah atau tidak tinggi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B dan C.

4. Tipe Soal: Pilihan Ganda Kompleks

Otak bisa salah mengira Anda kurang makan ketika bersantap junk food sehingga Anda akan makan lagi. Menurut Witherly, junk food sering melibatkan bahan-bahan makanan yang bisa “hilang” dalam sekejap. Misalnya saus mayonaise atau lelehan keju mozarela yang mudah meleleh di lidah. Ketika lidah mendeteksi bahwa tidak ada lagi makanan dalam mulut, saraf pengecap akan memberi sinyal ke otak bahwa Anda kurang makan atau sedang tidak makan.

Otak kemudian berpikir Anda kekurangan kalori sehingga akan cepat bereaksi dengan memicu pelepasan hormon lapar ghrelin untuk mencegah Anda kelaparan. Akibatnya, Anda cenderung makan berlebihan saat sedang bersantap makanan cepat saji. Kita jadi lemot dan lebih sulit berpikir ketika sudah kecanduan junk food.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa individu sehat yang makan junk food selama lima hari berturut-turut mengalami penurunan fungsi kognitif otak. Ini ditandai dengan kurangnya fokus perhatian, kecepatan bertindak, ingatan yang lebih buruk, serta perubahan mood drastis.

Di dalam otak, dopamin dosis tinggi yang dihasilkan setelah makan junk food menghambat kerja hippocampus dan menyebabkan peradangan. Hippocampus merupakan tempat pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang.

Selain itu, makanan tinggi gula dan lemak dapat menurunkan fungsi sinaps otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan kemampuan mengingat, serta mengganggu aktivitas peptida otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BNFD) yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

Tentukan benar atau salah kesimpulan berikut!

No Pernyataan Benar Salah
1. Seseorang yang hobi mengonsumsi junk food lebih pikun.
2. Makanan junk food banyak mengandung tinggi gula menurunkan fungsi sinaps.
3. Saat makan jenis junk food rasa lapar akan lebih terasa daripada makanan sehat.
4. Konsumsi junk food berlebihan dapat mengubah mood menjadi buruk.

Jawaban: Benar-Salah-Benar-Salah

Pembahasan:

Pernyataan nomor 1 benar karena sesuai informasi pada teks di atas yang menjelaskan bahwa keseringan mengonsumsi junk food mengakibatkan ingatan yang lebih buruk serta menghambat kerja hippocampus (tempat pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang) dan menyebabkan peradangan. Maka dari itu, kemampuan mengingat seseorang menurun karena mengonsumsi junk food berlebihan. Jadi, seseorang yang sering mengonsumsi junk food akan mudah pikun seperti pernyataan nomor 1.

Di dalam teks tidak menyatakan kalau makanan junk food pasti banyak mengandung tinggi gula yang mengakibatkan penurunan fungsi sinaps. Pemaparan dalam teks hanya menjelaskan bahwa makanan yang tinggi gula dan lemak dapat menurunkan fungsi sinaps otak. Jadi, belum tentu junk food termasuk makanan yang tinggi gula sehingga pernyataan nomor 2 salah.

Pernyataan nomor 3 benar karena sesuai penjelasan pada paragraf 1 dan 2 dalam teks. Hal itu disebabkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam junk food tidak akan bertahan lama di lidah dan otak menerima sinyal kurang makan atau tidak makan. Maka dari itu, seseorang yang makan junk food akan merasa tidak kenyang hingga kecanduan.

Memang benar kalau mengonsumsi junk food selama 5 hari berturut-turut atau berlebihan akan mengubah mood secara drastis. Namun, pernyataan nomor 4 salah karena mengonsumsi junk food berlebihan belum pasti mengubah mood menjadi buruk. Hal itu dikarenakan dalam teks tidak menerangkan kalau mood yang berubah secara drastis merupakan mood yang buruk, bisa saja mood yang baik.

5. Tipe Soal: Uraian

Mengenang Katherine Johnson, Manusia Komputer dari NASA

Sumber: tekno.tempo.co/read/1314311/mengenang-katherine-johnson-manusia-komputer-dari-nasa

Disadur oleh: Tyas.

Senin, 2 Maret 2020, 09:57 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA kehilangan orang yang sangat penting dalam bidang upaya eksplorasi luar angkasa awal Amerika. Orang itu adalah seorang matematikawan yang dijuluki manusia komputer, yaitu Katherine Johnson. Ia telah meninggal pada usia 101 tahun pada 24 Februari 2020.

Administrator NASA Jim Bridenstine melalui akun Twitter-nya mengabarkan berita duka itu. “Dia adalah pahlawan Amerika dan warisan kepeloporannya tidak akan pernah dilupakan,” bunyi unggahan Bridenstine, seperti dikutip VOA News, akhir pekan lalu.

Katherine adalah perempuan keturunan Afrika-Amerika yang bekerja dalam program luar angkasa NASA. Dia dan rekan-rekannya dikenal sebagai manusia komputer pada tahun-tahun awal upaya NASA untuk memulai program misi luar angkasa.

Mereka menggunakan pensil, penggaris geser, dan mesin penghitung mekanis untuk menghitung jalur roket dan pengorbit di atmosfer dan di luar angkasa. Katherine bekerja pada misi pertama untuk menempatkan orang Amerika di luar angkasa pada tahun 1961. Dia juga mengonfirmasi perhitungan komputer yang dibuat oleh komputer IBM pada 1962.

Katherine sempat menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama pada 2015. Saat itu, Administrator NASA Charles Bolden memujinya sebagai pemikir besar yang ikut menentukan arah perkembangan NASA dan Amerika Serikat.

Katherine tumbuh di Virginia Barat saat pendidikan bagi orang Afrika-Amerika dibatasi. Namun, kecerdasan otak membawanya ke West Virginia State College pada usia 15 tahun. Dia juga merupakan salah satu murid kulit hitam pertama yang memasuki sekolah pascasarjana di West Virginia University pada 1938.

Kemudian, Katherine bekerja untuk sebuah lembaga yang kini bernama NASA dan pensiun pada 1986. Dia mengatakan sangat bangga menghitung jalur untuk pendarat bulan dan pesawat ruang angkasa komando yang mengorbit untuk perjalanan pertama ke bulan, Apollo 11.

Katherine menggambarkan kemampuannya di NASA dengan menjelaskan, “Anda beri tahu saya kapan dan di mana Anda ingin turun, dan saya akan memberi tahu Anda di mana dan kapan, serta bagaimana cara meluncurkannya,” katanya.

Sepanjang masa pendidikannya, Katherine Jonhson berkata bahwa dia berhasil karena dia selalu bertanya–bahkan saat orang-orang mencoba mengabaikannya, dia tetap mengangkat tangannya.

Berdasarkan teks tersebut, apa saja keistimewaan yang dapat diteladani dari tokoh Katherine Johnson?

Jawaban: Dia pekerja keras, punya rasa penasaran yang tinggi

Pembahasan:

Karakteristik pekerja keras dari seorang Katherine Jonhson tertera dengan jelas di dalam teks, yakni ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama hidupnya, sebagai berikut.

  1. Dari unggahan Twitter Jim Bridenstine selaku Administrator NASA yang menyatakan bahwa Katherine merupakan pahlawan Amerika dan salah satu pelopor misi luar angkasa dari NASA.
  2. Katherine mampu menggunakan alat-alat yang sederhana, seperti pensil, penggaris geser, dan mesin penghitung mekanis untuk menghitung jalur roket dan pengorbit di atmosfer dan di luar angkasa.
  3. Katherine juga sanggup mengonfirmasi perhitungan komputer yang dibuat oleh komputer IBM pada 1962.
  4. Dengan kerja kerasnya, dia dapat lulus dari Perguruan Tinggi saat usia masih 15 tahun serta Katherine merupakan salah satu orang yang menggapai mimpinya memasuki sekolah pascasarjana di West Virginia University pada 1938 dan menjadi orang pertama berkulit hitam yang masuk di situ.
  5. Katherine sosok pekerja keras di lembaga NASA dengan kegigihannya, ia mampu menghitung jalur pendarat bulan dan pesawat ruang angkasa komando yang mengorbit untuk perjalanan pertama ke bulan, Apollo 11.

Sementara itu, jiwa penasaran Katherine yang tinggi dijelaskan dalam teks di bagian akhir. Kalau saat Katherine menempuh pendidikan, ia selalu bertanya walaupun diabaikan oleh orang-orang. Hal itu disebabkan rasa ingin tahunya yang tinggi.

 

Wah, hari ini kita belajar banyak ya untuk persiapan Asesmen Nasional nanti! Tapi perlu diingat, untuk mempersiapkan Asesmen Nasional, tidak cukup dengan belajar materi saja, lho! Kalian juga sering berlatih latihan soal dan memahami konsep materi sebaik mungkin. Dengan menggunakan layanan Teman Privat,  kalian bisa dibantu oleh guru privat pilihan kalian untuk lebih memahami materi-materi dari soal AKM. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Teman Belajar sekarang juga!

Les Privat | Teman Belajar
One Comment
  1. Fella

    Hai

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.