Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

SBMPTN

Serba-Serbi Kuliah Lintas Jurusan yang Perlu Kamu Pertimbangkan4 min read

23 Desember 2020 3 min read
serba-serbi kuliah lintas jurusan - Teman Belajar

author:

Serba-Serbi Kuliah Lintas Jurusan yang Perlu Kamu Pertimbangkan4 min read

Reading Time: 3 minutes

SBMPTN tinggal 4 bulan lagi nih teman-teman. Kamu sudah menentukan jurusan belum? Pasti kamu lagi galau banget buat nentuin jurusan karena jurusan merupakan faktor terpenting dalam perkuliahan. Banyak dari kamu yang masih bingung dan menginginkan kuliah lintas jurusan. Mungkin kamu anak IPA tetapi ingin masuk ke jurusan manajemen atau kamu anak IPS tetapi ingin masuk ke jurusan teknik. Kuliah lintas jurusan, Iya atau enggak ya?

1. Coba deh renungkan dan pikirkan dampaknya untuk dirimu

Renungkan baik-baik apakah itu memang passion kamu atau jangan-jangan kamu cuma sekedar ikut-ikut teman. Jangan sampai kamu memilih jurusan hanya karena gengsi, ikut-ikut teman, atau karena jurusan itu kesannya gampang. Kalau kamu sampai salah jurusan bisa-bisa berdampak buruk untuk karier kamu di masa depan loh.

2. Mencari tahu apakah jurusan keinginanmu diperbolehkan lintas jurusan

Kalau misalnya kamu tetap memilih untuk lintas jurusan, coba cari tahu di jurusan yang kamu pilih apakah memperbolehkan untuk lintas jurusan. Karena pada SBMPTN 2021, setiap prodi akan memberikan keterangan jurusan SMA/MA/SMK apa saja yang diperbolehkan memilih prodi tersebut. LTMPT juga menyarankan untuk tidak lintas jurusan pada SNMPTN atau jalur undangan. Meskipun diperbolehkan untuk lintas jurusan namun peluangnya sangat kecil. Maka disarankan untuk mendaftar program studi yang sama saat mendaftar SNMPTN. Sementara dalam jalur SBMPTN kamu diperbolehkan untuk lintas jurusan, tapi bagi kamu lulusan IPS tidak diperbolehkan untuk memilih jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Pada dasarnya lulusan IPA memiliki peluang yang luas untuk memilih jurusan karena lulusan IPA bisa memilih jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa.

3. Pilih PTN atau PTS

Memilih PTN atau PTS tidak kalah penting dari memilih jurusan. Sebelum kamu mendaftar, tentukan universitas yang kamu inginkan. Kamu bisa mencari-cari informasi mengenai PTN atau PTS yang kamu inginkan terlebih dahulu. Kamu juga bisa melihat 10 PTN dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi di SBMPTN sebagai referensi kamu memilih PTN.  Ingat ya teman-teman untuk selalu mencari informasi apakah jurusan dalam PTN dan PTS yang kamu pilih memperbolehkan untuk lintas jurusan. Kalau pada akhirnya rencana lintas jurusan kamu gagal, kamu tidak boleh berkecil hati dulu karena kamu masih bisa berjuang di jalur Seleksi Mandiri.

4. Segera Tentukan Prodi atau jurusanmu

Last but not least kamu harus segera menentukan jurusan kamu. Kalau memang ingin lintas jurusan, pilih program studi yang benar-benar kamu kuasai dan kamu sukai. Jangan sampai perjuangan yang sudah kamu lakukan untuk memilih lintas jurusan sia-sia. Karena kamu akan menjalani perkuliahan selama 4 tahun jangan sampai di tengah jalan kamu merasa salah jurusan.

Apabila kamu sudah yakin untuk memilih lintas jurusan, berikut beberapa tips belajar sebagai persiapan ujian:

1. Membaca dan mempelajari rangkuman materi

Karena kamu memilih jurusan yang berbeda dengan jurusan kamu di SMA, pastinya kamu merasa asing dengan materi-materi yang diberikan. Karena sebelumnya kamu tidak pernah mempelajari materi tersebut sehingga akan terasa sulit. Namun, kamu bisa mempelajari dengan merangkum materi dari setiap pelajaran yang akan diujikan. Kamu bisa mempelajari  materi yang akan diujikan melalui Persebaran Topik Soal SBMPTN SAINTEK atau Persebaran Topik Soal SBMPTN SOSHUM. Ingat, kamu harus paham dengan konsepnya ya jangan Cuma dihafal saja.

2. Berlatih soal-soal UTBK

Setelah memahami konsepnya, lebih baik untuk berlatih soal-soal latihan UTBK. Karena dengan berlatih soal secara terus menerus maka kamu akan lebih familiar dengan jenis soal tersebut. Ketika berlatih soal kamu bisa melakukan review terhadap materi yang sudah dipelajari. Kamu juga bisa menganalisis dari beberapa kumpulan latihan soal untuk mengetahui pertanyaan apa saja yang biasanya keluar dalam ujian.

3. Ikuti Tryout

Kalau sudah memahami konsep dan sering latihan soal-soal, kamu bisa menguji kemampuan kamu dengan mengikuti Tryout. Selain menguji kemampuan, kamu juga bisa melatih manajemen waktu ketika kamu ujian. Hasil Tryout juga bisa dijadikan referensi dalam memilih jurusan dan universitas loh. Kamu bisa mempertimbangkan apakah hasil dari Tryout kamu sudah memenuhi nilai yang dibutuhkan untuk mendaftar jurusan atau universitas tertentu. Maka dari itu sangat disarankan untuk rajin mengikuti Tryout. Nggak usah ribet atau pusing, karena kamu bisa ikut Teman Tryout dari Teman Belajar.

4. Tidak mudah pastinya namun tetap semangat ya, kamu pasti bisa!

Memang proses yang dibutuhkan sangat panjang dan tidaklah mudah. Tetapi kamu harus pantang menyerah dan berjuang lebih ekstra karena kamu harus menguasai materi-materi yang belum pernah kamu pelajari hanya dalam beberapa bulan saja. Jangan lupa untuk selalu Studyhard, Playhard, dan Istirahard.

Meskipun SBMPTN tinggal 4 bulan lagi pastinya semangat kamu jangan sampai kendor!. Kuliah lintas jurusan tidak menyeramkan kalau kamu selalu berlatih soal-soal dengan mengikuti Teman Tryout. Kalau kamu masih kesulitan dalam memahami materi kamu bisa meminta bantuan guru les privat dengan Teman Privat dijamin belajar kamu akan lebih menyenangkan. Download Teman Belajar hanya di Playstore!

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.