Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Geografi Kelas 11 SMA

Keberagaman Budaya Indonesia | Geografi Kelas 114 min read

24 Juli 2021 3 min read
Keberagaman Budaya Indonesia | Teman Belajar

author:

Keberagaman Budaya Indonesia | Geografi Kelas 114 min read

Reading Time: 3 minutes

Halo, teman ambis! Kalian pasti sudah memahami bahwa manusia tidak akan terlepas dengan budaya. Budaya merupakan hasil dari aktivitas manusia yang diulang setiap harinya. Manusia yang hidup berdampingan dan menjadi makhluk sosial yang membentuk kelompok kecil bernama masyarakat. Kebudayan muncul itu karena adanya masyarakat, sehingga bisa dikatakan bahwa tidak ada masyarakat maka tidak akan pernah ada kebudayaan. Nah, sebenearnya apasih kebudayaan itu? Tanpa panjang lebar, langsung saja, yuk kita simak bersama-sama pembahasan berikut!

Definisi

Ada beberapa penjelasan dari para ahli mengenai budaya.

  1. B Tylor (1992) menurut beliau budaya merupakan suatu keseluruhan yang kompleks yang didalamna meliputi kesenia, moral. Pengetahuan, keilmuan, adat istiadat, kepercayaan yang menjadi sebuah kebiasaan dan diperoleh manusia sebagai seorang yang berada dalam masyarakat.
  2. Kontjaraningrat (1999) kebudayaan merupakan seluruh gagasan ataupun hasil dari manusia yang menjadi rangka kehidupan bermasyarakat serta dijadikan milik manusia itu sendiri dengan proses belajar.

Unsur Kebudayaan

Selanjutnya ada unsur dari kebudayaan, setiap kebudayaan yang dimiliki oleh suatu bangsa pasti memiliki unsur yang bersifat kesatuan. Ada istilah cultural universal yang didalamnya memiliki 7 unsur kebudayan diantaranya adalah:

  1. Bahasa : tulis dan lisan
  2. Religi : apa yang dipercayai
  3. Kesenian : seni suara, seni gerak, seni rupa dan seni yang lainnya
  4. Sistem pengetahuan dan teknologi : pengetahuan alam ataupun sosial, computer dan sebagainya
  5. Sistem kemasyarakatan : berupa organisasi politik, sistem hukum, sistem pemerintah dan sebagainya
  6. Sistem ekonomi : peternakan, pertanian, perkebunan, produksi, konsumsi dan sebagainya
  7. Peralatan dan perlengkapan : alat transportasi,alat alat rumah tangga, pakaian, senjata dan lain sebagainya

Diatas dijelaskan sudah dijelaskan pengertian serta unsur dari budaya itu sendiri, sekarang kita melihat keadaan negara Indonesia yang begitu luas wilayahnya. Salah satu faktor pembentuk budaya adalah lingkungan oleh karena itu kondisi geografis menjadi pembentuk keberagaman budaya di Indonesia. Letak geografis yang berupa bentuk muka bumi atau keadaan alam, selain itu juga ada faktor sejarah, sikap masyarakat Indonesia yang terbuka sehingga pengaruh budaya bangsa ikut mempengaruhi.

Pengaruh Keberagaman Budaya Indonesia

Menurut Dewan Ketahanan Nasional memperkirakan Indonesia mempunyai kurang lebih 17.504 pulau dan menjadi salah satu negara kepulauan. Sehingga, menyebabkan kondisi muka bumi yang dimiliki beragam seperi ada daerah yang memiliki daerah dengan dataran rendah ada juga yang dataran tinggi, pegunungan, pantai. Keberagaman lingkungan sekitar menyebabkan manusia harus beradaptasi dengan lingkungannya mulai dari perekonomian (mata pecaharian) sampai pada kebiasaan sistem kehidupan mereka.

Keragaman budaya Indonesia menjadi suatu kebanggaan dan hal yang berharga karena menjadi suatu indentitas dari bangsa indonesia. Keberagaman yang dilihat di Indonesia berdasarkan pada keragaman suku bangsa, bahasa aderah, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, serta kepercayaan. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri.

  1. Suku Bangsa dan Bahasa

Suku bangsa sendiri merupakan suatu kelompok etnis masyarakt yang ada sejak dulu (turun temurun). Dari sensus penduduk yang dilakukan ditahun 2010 lebih dari 1300 suku bangsa yang ada di Indonesia serta lebih dari 2500 jenis bahasa yang dimiliki oleh indoneisa. Berdasarkan dari sensus tersebut suku jawa yang berada dipulau jawamenjadi suku terbesar dengan jumlah penduduk sekitar 95,2 juta jiwa, dan diposisi selanjutnay ada suku sunda yang memiliki 36,7 juta jiwa. Pada Kongres Bahasa Daerha Nusantara ditahun 2016 Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah bahasa terbanyak setelah Papua Nugini.

  1. Rumah Adat

Bsetiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai bentuk yang berbeda-beda, baik itu secara arsitektur ataupun filosoofinya. Bentuk dari rumah adat juga dipengaruhi oleh keadaan geografisnya. Bentuk rumah adat juga mencermnkan kearifak local masyarakat.

  1. Pakaian Adat dan Senjata Tradisional

Pakaian adat yang dimiliki juga berbeda-beda baik dari segi motif, bahan dan kegunaannya. Selain itu juga pakaian adat biasanya digunakan untuk upacara adat masyarakat itu sendiri. Sedangkan senjata tradisional menjadi karya dari masyarakat yang menjadi alat pertahanan dan membantu pekerjaan sehari-hari

  1. Kesenian

Keberagaman kesenian yang dimiliki Indonesia dipengaruhi oleh keadaan sosial poliik juga tentunya berdasakan kondisi daerah tersebut. Kesenian yang dinikmati seperti seni pertunjukan (Reog Ponorogo. Gamelan, Tari Topeng, Wayang) alat music (gambus, boning, suling, angklung dan sebagainya) seni rupa (seni ukir, seni batik).

  1. Religi

Terdapat 6 agama yang diakui di Indonesia diantaranya adalah Islam, Kristen  Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Koghucu. Agama di Indonesia berdampingan, toleransi yang sangat baik, bahkan ada di satu daerah yang memiliki tempat beribah berdampingan.

Keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia haruslah terus di lestarikan sebagai identitas nasional. Tidak hanya pemerintah namun selurus lapisan masyarakat terutama kaum milenial yang menjadi generasi penerus bangsa harus terus terus belajar dan mengembangkan budaya yang dimiliki setiap daerah yang ditinggilai. Jangan pernah biarkan budaya Indonesia dicuri dan diakui oleh negara luar.

 

Nah, sekarang kamu sudah semakin tahu keberagaman budaya Indonesia, kan? Masih banyak materi Geografi lainnya yang bisa kamu pelajari bareng guru les privat Geografi di Teman Belajar. Yuk, pesan guru les privatmu sekarang, karena di Teman Belajar #SemuaAdaGurunya.

Les Privat | Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.