Teman Kampus

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ekonomi Syariah di Universitas Airlangga (UNAIR)3 min read

29 Maret 2021 2 min read

author:

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ekonomi Syariah di Universitas Airlangga (UNAIR)3 min read

Reading Time: 2 minutes

Nama: Faridah Yuliandina Ulfa

Jurusan/Angkatan: S1 Ekonomi Islam/2018

Universitas: Universitas Airlangga

Jurusan Ekonomi Syariah atau dikenal dengan jurusan ekonomi Islam di Universitas Airlangga. Jurusan ini mungkin sudah sering didengar namun belum banyak yang mengetahui apa sih jurusan ekonomi syariah ini? lalu apa bedanya dengan ekonomi bisnis? Kali ini Teman Belajar mengajak kalian untuk lebih mengenal jurusan Ekonomi Syariah bersama Kak Dina dari Universitas Airlangga. Yuk kita kenalan!

Apa Sih Ekonomi Syariah Itu?

Pada umumnya ekonomi syariah tidak jauh berbeda dengan program studi ekonomi pada umumnya yaitu mempelajari ilmu ekonomi yang dikaji dari sudut pandang syariah Islam.  Di jurusan ini mempelajari tentang ekonomi yang berlandasan dengan Al quran, hadist dan juga kaidah-kaidah fiqih turunannya. Di ekonomi Islam harus mempelajari ilmu ekonomi konvensional terlebih dahulu lalu baru mempelajari ekonomi syariah, sehingga di dalam ekonomi Islam kami mempelajari keduanya. Hal tersebut dapat memberikan perspektif baru bagi mahasiswa mengenai sistem ekonomi syariah.

Mata Kuliah di Ekonomi Islam Itu Apa Aja?

Seperti yang sudah diceritakan tadi bahwa di ekonomi syariah ini mempelajari ekonomi konvensional dan ilmu ekonomi Islam. Jadi mata kuliah di jurusan ekonomi syariah mencakup dua keilmuan tersebut. Mata kuliahnya diantara lain :

1. Dasar ilmu ekonomi Islam ada pengantar ekonomi Islam, ekonomi makro Islam, ekonomi mikro Islam, ekonomi moneter Islam, ekonomi pembangunan Islam. 

2. Di bidang bisnis ada manajemen strategik syariah, manajemen pemasaran syariah, kewirausahaan dan bisnis Islam.

3. Di bidang keuangan dan perbankan ada keuangan publik Islam, manajemen bank syariah, praktikum bank syariah, manajemen keuangan Islam, manajemen portofolio dan investasi Islam, akuntansi syariah, dll.

4. Dasar syariah ada bahasa Arab, Al Quran Hadits ekonomi, Fiqh Muamalah.

Di kompetensi keahlian riset ada statistik ekonomi dan keuangan Islam, ekonometrika terapan, matematika ekonomi dan keuangan Islam.

Dilihat dari jurusan dan mata kuliahnya memang berlatar belakang dengan agama Islam, namun kak Dina akan menekankan bahwa untuk mengambil jurusan ekonomi syariah tidak harus orang yang ahli agama Islam, banyak mahasiswa ekonomi syariah berasal dari SMA Negeri bahkan SMK. Dikarenakan pada awal semester akan diajarkan materi dasar-dasarnya terlebih dahulu. Memang mata kuliah ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa mengerti kedudukan ekonomi syariah secara logika, bisa menjawab isu-isu ekonomi dan dapat berpikir kritis. 

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Islam

Indonesia memiliki penduduk mayoritas beragama Islam, sehingga banyak sekali badan ekonomi atau organisasi yang berbasis syariah. Seperti bank syariah, asuransi syariah, amal zakat dan lain sebagainya sehingga industri perekonomian syariah masih menjadi peluang kerja tertinggi untuk alumni jurusan ekonomi syariah. Di jurusan Ekonomi Syariah Universitas Airlangga salah satu tujuannya adalah mencetak lulusan di berbagai bidang baik bisnis, akademik, dan industri syariah lainnya. Apalagi industri syariah di Indonesia ini akan terus berkembang sehingga prospek kerja kedepannya akan mempunyai lebih banyak peluang. 

Nah itu dia seluk beluk jurusan ekonomi syariah Universitas Airlangga bersama Kak Dina. Semoga kalian bisa lebih kenal dengan jurusan ekonomi syariah dan artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk jurusan ekonomi syariah. Supaya bisa membantu kalian masuk ke jurusan yang kalian inginkan, Teman Belajar menyediakan layanan Teman Privat dan Teman TryOut. Semuanya dalam satu aplikasi Teman Belajar. Buruan download aplikasinya di Playstore !

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.