Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

SBMPTN SNMPTN

Berbagai Macam Jalur Masuk PTN untuk Kamu Para Calon Mahasiswa6 min read

15 Januari 2021 5 min read
Berbagai Macam Jalur Masuk PTN untuk Kamu Para Calon Mahasiswa | Teman Belajar

author:

Berbagai Macam Jalur Masuk PTN untuk Kamu Para Calon Mahasiswa6 min read

Reading Time: 5 minutes

Banyak calon mahasiswa yang hanya mengetahui jalur masuk PTN yaitu SNMPTN dan SBMPTN saja, namun sebenarnya masih banyak jalur lain yang bisa dicoba untuk diterima di PTN impianmu. Berdasarkan jalur masuk PTN yang tersedia ini bisa kamu pilih mana alternatif yang tepat dan apa saja yang persiapkan. Yuk simak jalur masuk PTN yang jarang diketahui!

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

Terdapat 5 jalur masuk yang ada di UGM, yaitu:

1. Jalur PBUTM

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa (calon siswa) yang memiliki kemampuan akademik baik namun kekurangan secara ekonomi. Nantinya akan dibiayai selama delapan bulan. Namun perlu diperhatikan ada evaluasi tiap tahunnya untuk keberlanjutan beasiswa yang diberikan.

2. Jalur PBUK

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan merupakan jalur untuk calon mahasiswa yang berasal dari daerah yang ingin mengembangkan wilayahnya. Nantinya akan dibiayai oleh Pemda setempat, institusi pemerintahan, atau perusahaan. Dengan syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

3. Jalur PBUB

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi Calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang ilmu pengetahuan atau teknologi di tingkat nasional atau internasional.

4. Jalur PBOS UGM

Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang seni atau olahraga di tingkat provinsi, nasional, atau internasional. 

5. UTUL UGM

Tes mandiri yang dilangsungkan oleh UGM dengan soal-soal dari UGM sendiri. Bagi calon mahasiswa yang belum diterima di jalur sebelumnya juga bisa mendaftar pada jalur ini. Untuk materi sesuai dengan rumpunnya yaitu SAINTEK dan SOSHUM.

  • Universitas Sebelas Maret (UNS)

Terdapat 5 jalur masuk di Universitas Sebelas Maret (UNS), yaitu:

1. Seleksi Mandiri Jalur Ujian

Seleksi Mandiri UNS merupakan jalur mandiri yang diadakan oleh UNS. Untuk bagaimana caranya sendiri tergantung dengan kebijakan UNS pada tahun itu. Bisa menggunakan hasil UTBK atau tes yang dilakukan UNS secara langsung. 

2. Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan

Jalur untuk calon mahasiswa dengan mitra seperti perusahaan/pemerintah daerah/institusi pemerintah yang memiliki kesepakatan dengan UNS.

3. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

Ditujukan pada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik seperti olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, seni, dan Hafidzul Al-Qur’an. 

4. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas

Seleksi ini untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah disabilitas.

5. PMDK UNS

Jalur ini mirip dengan SNMPTN namun untuk program Diploma 3 (D3) yang berprestasi selama SMA/MA/SMK. Bagi yang belum beruntung melalui jalur ini juga ada jalur tertulisnya.

  • Universitas Diponegoro (UNDIP)

Terdapat 3 jalur masuk di Universitas Diponegoro, yaitu:

1. SBUB

Seleksi Bibit Unggul Berprestasi, melalui jalur ini menerima calon mahasiswa yang berprestasi jalur olahraga, seni, tahfidz, sains dan teknologi, lalu sosial humaniora.

2. Jalur Mandiri UNDIP

Yaitu jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh UNDIP untuk S1 dan D3. Berdasarkan cara tahun 2020 lalu, Mandiri UNDIP menggunakan nilai rapor semester satu hingga lima lalu mengisi wawasan nilai-nilai pancasila melalui aplikasi dan surat pernyataan dari orang tua.

3. Jalur PSSB Vokasi

Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi merupakan penerimaan Sarjana Terapan Sekolah Vokasi di UNDIP. Minimal akreditasi sekolah adalah B dan yang bisa mengikuti adalah yang lulus tahun kemarin dan akan lulus tahun ini.

  • Universitas Brawijaya (Unibraw)

Terdapat 3 jalur masuk di Universitas Brawijaya, yaitu:

1. SELMA UB

Merupakan jalur mandiri masuk Universitas Brawijaya. Untuk materi tes nya sesuai dengan jurusan SAINTEK, SOSHUM, atau Campuran. Khusus untuk program seni rupa murni wajib mengunggah portofolio sesuai ketentuan.

2. SPKPD UB

Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitasyaitu jalur penerimaan yang dikhususkan untuk penyandang isabilitas. Pilihannya pun sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

3. SPMV UB

Merupakan jalur mandiri bagi program Diploma.

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)

Berbeda dengan PTN lainnya, jalur masuk di ITB hanya memiliki satu jalur saja yaitu Jalur Mandiri ITB.

Melalui jalur ini calon mahasiswa bisa mendaftar melalui online dan mengisi form pendaftaran. Lalu untuk tahun 2020 sendiri dilaksanakan dengan nilai rapor serta kriteria lainnya. Khusus FSRD, menggunakan Tes Kemampuan Seni Rupa untuk tambahan. 

  • Institut Pertanian Bogor (IPB)

1. UTM BK IPB

Jalur ini merupakan jalur mandiri yang dilakukan oleh IPB. Proses penerimaannya melalui jalur tes online yang dilakukan di rumah masing-masing. Materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan jumlah soal 25 yang dikerjakan selama 25 menit. 

2. Jalur Prestasi Internasional dan Nasional

Jalur ini ditujukan kepada siswa SMA yang pernah berprestasi di bidang Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika, Olahraga, Hafizh, dan Pramuka (untuk pramuka hanya berlaku di Jawa Barat). Sehingga aspek penilaiannya merupakan prestasi dan nilai rapor.

3. Ketua Osis

Melalui jalur ini untuk siswa SMA yang pernah menjadi ketua OSIS dengan rekomendasi kepala sekolah. Berasal dari jurusan IPA dan memiliki rata-rata Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi  minimal 80. Serta bersedia diberi pelatihan leadership, kewirausahaan, dan lainnya.

4. Beasiswa Utusan Daerah (BUD)

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang apabila sudah lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah. Nantinya selama proses dari penyandang dana harus ada kesepakatan dengan BUD, kemudian mereka menyeleksi calon mahasiswa dan selanjutnya ajan diseleksi oleh IPB. Dengan kualifikasi Matematika, Fisika, Kimia dan BIologi memiliki rata-rata nilai minimal 70,00 dan mau untuk tinggal di Asrama PPKU IPB selama satu tahun. 

  • Universitas Indonesia (UI)

Terdapat 2 jalur masuk di Universitas Indonesia, yaitu:

1. Jalur Prestasi Akademik

– Untuk S1 reguler, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui jalur LTMPT memberikan kesempatan pada siswa untuk mengikuti jalur penerimaan melewati SNMPTN. Jalur seleksi ini menggunakan rapot semester 1-5 sebagai bahan seleksi.

– Seleksi Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talent Scouting. Pada dasarnya seleksi ini mirip seperti SNMPTN yang menggunakan nilai rapot dan prestasi akademik siswa selama sekolah. Apa yang membedakannya? Yang membedakan adalah, seleksi ini merupakan khusus untuk mereka yang mendaftar di UI saja, tetapi menggunakan rapot sebagai alat seleksi. Seleksi rapor untuk siswa yang mendaftar program vokasi dan S1 Paralel disebut PPKB, sedangkan seleksi rapor untuk S1 Kelas Internasional disebut Talent Scouting.

2. Jalur Ujian Tulis

Siapa yang tidak mengenal SIMAK UI? Jalur ini merupakan jalur ujian tulis untuk masuk ke Universitas Indonesia. Adapun untuk pembatasan tahun lulus siswa-siswa yang bisa mengikuti seleksi ini adalah SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maks 3 tahun) dan S1 Internasional (maks 5 tahun).

  • Institut Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Sepuluh Nopember hanya memiliki satu jalur masuk yaitu Jalur Seleksi Mandiri ITS.

Seleksi mandiri ITS bernama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Namun, terdapat dua jalur dalam tes ini, yaitu:

1. Seleksi Kemitraan

Diperuntukkan untuk siswa MA/SMA/SMK yang merupakan instansi mitra (perusahaan/pemprov/pemkab/pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS yang ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

2. Seleksi Mandiri

Diperuntukkan untuk siswa MA/SMA/SMK yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh ITS.

Seleksi SKM-ITS didasarkan pada nilai UTBK atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS, Nilai rapor, Deskripsi diri, dan Prestasi lain. Khusus untuk siswa yang berminat mengambil DKV dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diwajibkan untuk mengunggah portofolio.

  • Universitas Airlangga (Unair)

Terdapat 2 jalur masuk di Universitas Airlangga, yaitu:

1. Jalur Mandiri UNAIR

UNAIR membuka jalur mandiri khusus untuk mahasiswa program sarjana saja. Program ini ditujukan untuk mahasiswa reguler, mahasiswa asing, kelas internasional, dan program gelar ganda.

2. KIP-K

Sebelumnya program ini dikenal dengan nama Bidikmisi. Program ini dikhususkan untuk siswa SMA yang memiliki prestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu.

 

Wah, ternyata banyak juga ya jalur masuk PTN yang ada di berbagai universitas. Tidak perlu takut dalam mempersiapkan diri karena bersama aplikasi Teman Belajar kami siap menemani kamu berjuang bersama mencapai kampus impian. Jangan lupa untuk mengasah kemampuan lewat Try Out Teman Belajar di lihat hasilnya!

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *