Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

SBMPTN SNMPTN

Info Penting Seputar Pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 20216 min read

17 Desember 2020 7 min read
Informasi SNMPTN dan SBMPTN 2021 - Teman Belajar

author:

Info Penting Seputar Pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 20216 min read

Reading Time: 7 minutes

Para pejuang PTN pastinya sudah tidak sabar kan menunggu pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN. Tidak terasa sebentar lagi kita sudah memasuki tahun 2021, yang artinya pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2021 semakin dekat.

Teman, kamu sudah tahu belum kalau dalam SBMPTN 2021 terdapat kebijakan baru, yaitu mata pelajaran Matematika dihapuskan untuk kelompok SOSHUM. Wahh kamu pasti lega banget ya mendengarnya!

Penasaran kan dengan kebijakan-kebijakan lainnya? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang jadwal dan info-info penting yang harus kamu tahu untuk mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2021. Yuk kita simak sama-sama!

Jalur dan Kuota

Jalur dan kuota penerimaan mahasiswa baru 2021 tidak berbeda dengan tahun 2020. Persentase yang digunakan masih sama seperti tahun 2020 sesuai dengan PERMENDIKBUD no 6 tahun 2020. Namun, terdapat ketentuan khusus untuk PTN Berbadan Hukum. Kalau kamu ingin mendaftar PTN Berbadan Hukum (PTN BH) maka kuota minimal 30% dan seleksi mandiri maksimal 50%. Berikut adalah 12 daftar PTN BH:

  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Sumatra Utara (USU)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Hasanuddin (Unhas)

Kebijakan LTMPT menerapkan Single Sign On (SSO)

Teman-teman untuk mendaftar SNMPTN maupun UTBK-SBMPTN, kamu HARUS memiliki akun LTMPT. Bagi angkatan 2019 dan 2020 yang sudah memiliki akun LTMPT, tidak usah mendaftar lagi ya. Registrasi akun LTMPT untuk semua siswa lulusan tahun 2021 WAJIB mendaftar pada tanggal 04 Januari 2021 – 01 Februari 2021. Meskipun kamu tidak eligible untuk mengikuti SNMPTN, tetapi kamu tetap harus mendaftar pada tanggal yang sudah ditentukan, karena pendaftaran ini akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Sedangkan bagi angkatan 2019 dan 2020 yang ingin mendaftar UTBK-SBMPTN kalian WAJIB registrasi akun LTMPT pada 07 Februari 2021 – 12 Maret 2021.  Bagi siswa lulusan Madrasah Aliyah (MA) juga diwajibkan untuk membuat akun LTMPT dikarenakan terdapat perubahan-perubahan kebijakan yang dibuat oleh Menteri Agama.

SNMPTN 2021

1. Persyaratan Sekolah, Persyaratan Peserta, dan Pilihan Program Studi.

Persyaratan Sekolah dan Persyaratan Peserta sama seperti SNMPTN tahun lalu. Kalau kamu memilih program studi bidang seni dan olahraga maka kamu wajib mengunggah portofolio ya teman-teman. Untuk pilihan program studi dalam SNMPTN, kamu bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN yang telah kamu pilih. Tetapi kalau kamu memilih dua program studi, maka kamu harus memilih satu PTN yang berada di provinsi SMA kamu. Misalnya, kamu berasal dari Jogja dan hanya ingin memilih satu PTN, maka kamu boleh memilih PTN di provinsi lain misalnya di UI. Namun jika kamu ingin memilih dua PTN, maka kamu harus memilih salah satu PTN di provinsi kamu, misalnya UGM dan UI.

2. Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021

Tahapan-tahapan ini harus diperhatikan ya teman-teman. Pengumuman kuota SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 28 Desember 2020 oleh LTMPT. Jadi jangan sampai kelewatan ya teman-teman.

3. Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2021

Nah, ini adalah tanggal-tanggal yang harus diperhatikan. Untuk siswa, tanggal yang penting dan harus diingat adalah tanggal 04 Januari 2021 – 01 Februari 2021 (Registrasi Akun LTMPT), tanggal 15 – 24 Februari 2021 (Pendaftaran SNMPTN), dan tanggal 22 Maret 2021 (Pengumuman Hasil SNMPTN).

UTBK 2021

1. Kelompok Ujian

Pada tahun 2021, terdapat tiga kelompok ujian yaitu SAINTEK, SOSHUM, dan Campuran. Hal ini berbeda dengan tahun 2020 yang memiliki kelompok ujian SAINTEK dan SOSHUM saja.

2. Materi Tes

Berbeda dengan tahun 2020, materi UTBK tahun 2021 sudah lengkap seperti pada tahun 2019. Jadi materi yang diujikan adalah TPS dan TKA. Pada tahun ini LTMPT juga membuat kebijakan untuk menghapuskan mata pelajaran matematika untuk kategori SOSHUM. Berikut adalah rincian materinya:

Materi TPS: Pengetahuan Kuantitatif, Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi TKA:

– Soshum = Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi (195 menit)

– Saintek = Matematika, Fisika, Kimia, Biologi (195 menit)

– Campuran = TPS, TKA Saintek, TKA Soshum (285 menit)

3. Pelaksanaan UTBK 2021

Pelaksanaan UTBK 2021 akan dilaksanakan dalam 2 gelombang yaitu:

  • Gelombang 1 : tanggal 12 April 2021 – 18 April 2021
  • Gelombang 2 : tanggal 26 April 2021 – 02 Mei 2021

Setiap gelombangnya dilakukan 14 hari sehingga terdapat sekitar 28 sesi atau 2 sesi/hari. UTBK akan dilaksanakan pagi dan siang. Siswa hanya diizinkan untuk mengikuti tes UTBK satu kali. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan satu kesatuan, jadi hasil tes UTBK tidak akan diumumkan sebelum pendaftaran SBMPTN. Tetapi nilai akan tetap diberikan kepada siswa.

4. Syarat Peserta UTBK 2021

Sama seperti syarat SNMPTN, semua siswa yang ingin mengikuti UTBK harus mempunyai akun LTMPT. UTBK bisa diikuti angkatan 2019, 2020, dan 2021 termasuk lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juni 2021. Peserta yang akan memilih kategori campuran yang artinya satu prodi di IPA dan satu prodi di IPS maka harus mengikuti TPS, TKA SAINTEK dan TKA SOSHUM. Siswa angkatan tahun 2019 dan 2020 WAJIB membawa ijazah. Sedangkan untuk angkatan 2021 diwajibkan membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar dari Sekolah. Bagi siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2021 tidak diizinkan mendaftar UTBK. Maka ketika memilih program studi SNMPTN harus sudah matang dan tidak boleh ragu-ragu.

5. Tahapan Pendaftaran dan Biaya UTBK

Registrasi akun LTMPT kamu menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir lalu melakukan login di https://portal.ltmpt.ac.id . Setelah login kamu diwajibkan untuk mengisi biodata dan mengunggah pas foto berwarna yang terbaru. Kemudian memilih menu pendaftaran UTBK untuk memilih lokasi UTBK, jenis ujian, dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran. Tahap selanjutnya kamu bisa membayar di Bank yang sudah ditentukan seperti Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN dan harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam. Jangan lupa login kembali untuk mencetak kartu peserta UTBK. Pastikan kamu mencatat hari, tanggal, dan sesi UTBK ya teman-teman. Lokasi UTBK terdapat di 74 Pusat UTBK PTN di seluruh Indonesia, jadi pilih lokasi UTBK yang sesuai dengan provinsi kamu ya.

Biaya UTBK untuk kategori SOSHUM atau SAINTEK adalah Rp 200.000. Sedangkan untuk kategori Campuran adalah Rp 300.000. Untuk peserta KIP gratis mendaftar jika memang sudah ditetapkan penerima KIP, jika belum bisa ditetapkan maka bisa membayar sendiri.

SBMPTN 2021

1. Ketentuan SBMPTN 2021

Siswa yang akan mengikuti SBMPTN harus mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.  Kalau  kamu memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Tetapi, kalau kamu memilih program studi yang sama dengan SNMPTN dan sudah mengunggah portofolio maka tidak usah lagi mengunggah portofolio. Dalam SBMPTN bebas boleh memilih 2 program studi di satu perguruan tinggi atau dua perguruan tinggi di mana saja. Jadi tidak ada ketentuan harus di sesama provinsi seperti yang terdapat di SNMPTN.

2. Tahap Pendaftaran dan Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

Pendaftaran dilakukan bersamaan pendaftaran UTBK. Kalau sudah melakukan login pilih PTN dan Program Studi, kemudian mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan program studi. Peserta yang lulus di SNMPTN secara sistem akan otomatis ditolak, jadi tidak bisa mengikuti SBMPTN.

Tanggal-tanggal ini jangan lupa untuk selalu diperhatikan ya teman-teman. Agar kamu bisa mendaftar dan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 dengan lancar.

Informasi Tambahan

  • STAN menjadikan penilaian UTBK menjadi salah satu dari bagiannya. Bagi kamu yang ingin masuk ke STAN harus mengikuti UTBK.
  • Pembuatan akun LTMPT harus sampai tuntas, karena terdapat banyak hal teknis yang sering membuat gagal seperti pembuatan akun tidak sampai tuntas, tidak sinkron, dan data tidak lengkap.
  • Apabila ada hal yang harus di revisi tetapi kamu melakukan komplain terlambat/sudah tutup maka tidak akan bisa di proses lagi. Sehingga penting sejak awal disiapkan dan di cek kembali.
  • Apabila input data ke PDSS tidak tepat, maka siswa mempunyai hak untuk mengecek data.
  • Penggunaan foto yang tidak benar akan didiskualifikasi. Maka harus melampirkan pas foto yang sesuai, artinya kamu tidak boleh melampirkan foto selfie.
  • Peserta SNMPTN yang lulus tahun 2019, 2020 tidak bisa mengikuti SBMPTN karena kesempatannya sudah diberikan di tahun kelulusan.
  • Bahasa Inggris hanya terdapat di kemampuan bacaan literasi PPU UTBK
  • Lintas jurusan IPA ke IPS bisa dilakukan, tetapi IPS ke IPA tidak bisa.

Nah, tadi adalah informasi penting yang disampaikan oleh LTMPT mengenai pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2021. Gimana teman-teman? Bikin tambah semangat atau justru deg-degan nih?. Tinggal 3 bulan lagi loh! Selalu jaga kesehatan dan maksimalkan persiapan SNMPTN dan SBMPTN dengan latihan soal-soal melalui layanan Teman Tryout dari Teman Belajar. Download aplikasinya di Play Store kamu!

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.