Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Geografi Kelas 10 SMA

Hidrosfer | Geografi Kelas 103 min read

6 September 2021 3 min read
Hidrosfer | Teman Belajar

author:

Hidrosfer | Geografi Kelas 103 min read

Reading Time: 3 minutes

Hai, teman ambis! Sudahkah teman ambis minum hari ini? Yups, kita sangat membutuhkan air untuk kebutuhan baik untuk minum, masak, mandi, cuci baju dan masih banyak lain. Tapi, teman ambis tau nggak sih? Air berasal dari mana? Apakah hanya dari langit dan hujan saja? Nah, pada artikel kali ini kita akan kita belajar dan mencari tahu dari mana air itu berasal serta banyak hal lainnya. Langsung saja kita simak bersama pembahasan berikut ini ya!

Pengertian

Air diseluruh permukaan bumi ini sudah ada sejak jutaan tahun silam yang terjadi karena proses siklus air, sehingga air yang ada diseluruh permukaan bumi ini mengalamai perputaran. Siklus air juga bisa dinamakan siklus hidrologi. Di dalam planet ini bumi tempat kita tinggal merupakan satu-satunya planet yang memiliki aktivitas, matahari dan sebagian wilayahnya tertutup oleh perairan.

Adapun istilah yang lain yakni Hidrosfer yang merupakan istilah lain dari bentang perairan yang menyelubungi bumi, kata Hidrosfer sendiri berasal dari kata Hydro yang berarti air dan Sphaira yang berarti lapisan jadi bisa dikatakan bahwa hidrosfer adalah bagian dari lapisan air yang menutupi atau berada dalam bumi kita. Ilmu yang mempelajari bentang perairan terutama dikawasan darat yakni Hodrologi, oleh karena itu kenapa siklus air juga disebut dengan siklus hidrologi.

Siklus

Air memiliki proses perputaran massa air yang dimulai dengan proses pemanasan massa air yang mengalami penguapan ke udara, proses penguapan ini memiliki beberapa cara diantaranya adalah evaporasi, transparasi. Kemudian menguap ke atmosfer dan mengalami proses kondensasi (pengembunan dimana air berubah menjadi titik-titik air yang disebut dengan awan). Awan bergerak diakibatkan oleh angin, tetapi juga bisa langsung dijatuhkan sebagai hujan ataupun diturunkan di daratan tinggi dan menjadi salju.

Proses alam yang terjadi saat kejadian hujan diantaranya adalah:

  1. Jatuh ke bumi dan menggenang atau mengalir ke permukaan lain, ini terjadi jika curah hujan tinggi.
  2. Jatuh ke bumi dan meresap ke tanah dan menjadi cadangan air.
  3. Jatuh ke daun dan pohon lalu kembali ke atmosfer untuk kembali ke bumi.
  4. Sudah kembali ke atmosfer padahal belum sampai dibumi.
  5. Langsung jatuh ke laut.

Proses siklus hidrologi dibumi memiliki proses yang terus menerus terulang sehingga bisa dikatakan seperti lingkaran yang tidak terputus. Siklus ini dibedakan menjadi 3  jenis yakni:

  1. Siklus panjang dimana air laut yang sudah menguap dan terjadi kondensasi, uap air  terbawa angin, kemudian membentuk awan didataran tinggi kemudian jatuh menjadi salju, dan membentuk glister, mengalir kemudian kembali lagi ke laut.
  2. siklus menengah, dimana air laut menguap, terjadi yang namanya kodensasi, kemudian uap air terbawa angin dan membentuk awan di atas daratan, setelah itu hujan jatuh di daratan menjadi air darat, dan menuju laut.
  3. siklus pendek, dimana air laut menguap, kemudian terjadi kodensasi, setelah itu uap air membentuk awan dan kemudian terjadi hujan dan kembali ke laut.

Unsur

Adapun penjelasan mengenai unsur utama dalam proses siklus ini diantaranya adalah:

  1. Evaporasi, merupakan air yang berada di bumi baik di darat atau di laut yang terpapar langsung oleh sinar matahari dan mengalami penguapan, ini juga terjadi pada daun.
  2. Kondensasi, yakni dimana uap air yang naik ke atmosfer dan mengalami pendinginan itu menyebabkan adanya perubahan wujud menjadi embun atau titik-titik air yang merupakan bahan pembuat kabut dan awan.
  3. Presipitasi, ketika titik-titik air, salju serta es yang ukurannya semakin membesar menyebabkan hujan, awan digerakkan angin atau udara.
  4. Infiltrasi, yakni air hujan yang jatuh ke bumi, mengalir serta meresap ke tanah melalui batu sampai pada bawah tanah.
  5. Surface run off, dimana air mengalir baik secara horizontal dan vertikal dibawah bumi sampai kembali pada sistem air di bumi.

 

Nah, sekarang kamu sudah semakin tahu dan paham dengan materi hidrosfer, kan? Masih banyak materi Geografi lainnya yang bisa kamu pelajari bareng guru les privat Geografi di Teman Belajar. Yuk, pesan guru les privatmu sekarang, karena di Teman Belajar #SemuaAdaGurunya.

Les Privat | Teman Belajar

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.