Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Kategori Lain

Gap Year Nunda Kuliah Enaknya Ngapain?2 min read

8 Februari 2021 2 min read
gap year | Teman Belajar

author:

Gap Year Nunda Kuliah Enaknya Ngapain?2 min read

Reading Time: 2 minutes

Gap year bisa juga diartikan dengan cuti, namun kata “cuti” seringkali disangkutkan dengan kata “pengangguran” yang artinya tidak ada kerjaan. Kok negatif banget ya?
Disini Teman Belajar akan mencoba memberitahukan prespektif lain tentang gap year yang mungkin bermanfaat khususnya bagi kalian yang sudah berencana atau terpaksa menunda kuliah selama setahun.

Gap Year Membantu Menemukan Minat

Di Indonesia masih banyak yang menghindari untuk menunda kuliah atau gap year. Padahal banyak perguruan tinggi terbaik dunia, seperti Harvard University dan Ivy League di Amerika Serikat memberikan pilihan gap year pada calon mahasiswanya. Karena gap year memiliki banyak manfaat untuk calon mahasiswa yang berada di masa peralihan dari anak-anak menuju masa remaja. 

Dengan gap year kalian dapat mengenal diri kalian lebih dalam. Kalian bisa menekuni hal-hal yang kamu minati dan melakukan hal-hal baru yang belum pernah kalian lakukan. Baik kegiatan di masa sekolah maupun kegiatan di luar “zona nyaman” kalian. Sehingga kalian dapat mengeksplorasi hal-hal baru dan menjadi lebih yakin dengan apa yang memang benar-benar kalian minati dan kalian sukai. 

Setelah mengetahui apa yang benar-benar kalian minati. Kalian dapat menentukan pilihan jurusan kuliah kalian nanti, kalian juga dapat mengkaji ulang pilihan jurusan kuliah kalian sebelumnya apakah sudah sesuai dengan minat kalian. Sehingga dapat terhindar dari “salah pilih jurusan” 

Gap Year Bukan Pengangguran

Kata “menganggur” hanya istilah saja, karena dengan gap year bukan berarti kalian berhenti untuk belajar dan tidak melakukan apa-apa. Belajar itu tidak harus dari sekolah, belajar juga bisa dari mana saja, bisa dari buku, video, kursus atau les, atau langsung turun ke lapangan.  

Kalian dapat memanfaatkan waktu gap year untuk mempersiapkan ujian masuk kuliah yang selanjutnya dengan lebih matang. Dikarenakan kalian memiliki waktu yang lebih banyak dan juga kalian hanya fokus untuk belajar ujian masuk kuliah sebab sudah tidak ada tanggungan tugas sekolah lagi. Salah satu cara untuk mempersiapkan ujian masuk kuliah adalah dengan mengikuti Try Out yang diselenggarakan berbagai pihak. 

Buat teman-teman yang masih ragu untuk meneruskan ke jenjang kuliah, tidak ada salahnya kok memberanikan diri untuk menjalani gap year. Karena kesuksesan itu bukan sebuah pertandingan balap lari yang ditentukan dengan siapa yang masuk kampus duluan. Tapi bagaimana kita dapat mengembangkan diri kita di masa depan. 

Teman Belajar sekarang sedang mengadakan Try Out UTBK Gratis untuk kalian pejuang UTBK yang dapat kalian ikuti melalui aplikasi Teman Belajar. Try Out diadakan pada tanggal 4 – 7 Februari 2021. Yuk daftar sekarang juga, sebelum pendaftarannya ditutup. Kapan lagi Try Out Gratis ?

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.