Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Bahasa Inggris Kelas 11 SMA

Explanation Text: Definisi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh3 min read

12 Juli 2021 3 min read
Explanation Text | Teman Belajar

author:

Explanation Text: Definisi, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh3 min read

Reading Time: 3 minutes

Halo, teman ambis! Kalian pasti sering membaca di buku pelajaran kalian tentang proses suatu fenomena alam seperti terjadinya hujan, proses meletusnya gunung berapi, dan lain sebagainya. Tahukah kalian, bacaan tersebut merupakan bagian dari eksplanation text. Lalu, apakah itu eksplanation teks? Bagaimana ciri-ciri teks tersebut? Nah, biar ngga bingung lagi, langsung saja kita simak pembahasan berikut ini, ya!

Definisi

Explanation text adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi, biasanya yang berkaitan dengan fenomena alam, dunia ilmiah atau sosial budaya. Misalnya bagaimana proses siklus air, cara kerja mesin uap, atau proses meletusnya gunung berapi. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.

Ciri-Ciri Explanation Text

Explanation text sendiri memiliki ciri-ciri yang dapat kita identifikasi, loh. berikut ini adalah ciri-ciri Explanation text

  • Menggunakan  simple present tenses
  • Menggunakan action verbs. Misalnya run, flow, dan
  • Menggunakan passive voice. Misalnya the stone is lifted.
  • Menggunakan noun phrase. Misalnya a butterfly, the air, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan adverbial phrase. Misalnya the flower blooms in the morning.
  • Menggunakan technical terms. Technical terms ini merujuk pada istilah teknis yang berkaitan dengan fenomena yang dibahas. Misalnya pada teks yang membahas tentang proses pembentukan hujan, tentunya akan ada istilah evaporation, condensation, dan precipitation.
  • Menggunakan chronological connectors seperti first, second, next, then, finally, dan lain sebagainya.

Generic Structure Explanation Text

  • General statement, yaitu pengenalan suatu peristiwa yang akan kita ceritakan. Atau penjelasan umum tentang peristiwa tersebut. Dalam general statement berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
  • Sequence of event, yaitu bagian yang menjelaskan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Dalam bagian ini penulis dapat menulis lebih dari satu paragraf. Sequence of event berisi jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text.
  • Closing, yaitu penutup atau kesimpulan dari cerita tersebut. Bersifat opsional dan tidak wajib ada pada sebuah explanation text. Biasanya berisi informasi tambahan atau mengenai fenomena atau topik yang dibahas. Pada bagian ini penulis bisa membuat kesimpulan atau memberi komentar pada fenomena yang dibahas.

Contoh Explanation Text

How Does Covid-19 Spread?

People in the world are shocked with the emergence of covid-19. This virus becomes a pandemic which has contaminated people all around the world. What is Covid-19? Covid-19 is a very infectious disease caused by a new kind of coronavirus. Is it dangerous? How can it spread to humans?

Firstly, the virus is supposed to spread primarily from person-to-person. These viruses can spread between persons who are in contact approximately in about 6 feets.

Secondly, covid-19 can also range via respiratory dewdrops produced while an infected person coughs or sneezes. These drops can land in the noses or mouths of persons who are nearby. Or they can feasibly be inhaled to the lungs.

Thirdly, it is spread by any human interaction with infected objects or surfaces. It may be likely that a person can catch up COVID-19 by touching objects devouring the virus. Then they drop the virus to their own nose, mouth, or eyes.

How easily a virus blowout from person-to-person can vary. These viruses are highly spreadable. Therefore, we have to be alert and keep following health protocol.

 

Nah, sekarang kamu sudah semakin tahu cara menulis explanation text, kan? Selain explanation text, masih banyak lagi materi Bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, lho! Materi-materi lainnya bisa kamu pelajari bareng guru les privat Bahasa Inggris di Teman Belajar. Yuk, pesan guru les privatmu sekarang, karena di Teman Belajar #SemuaAdaGurunya.

Les Privat | Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.