Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Fisika IPA Kelas 10 Kelas 7 SMA SMP

Besaran Pokok dan Besaran Turunan2 min read

25 Juni 2021 2 min read
Besaran Pokok dan Besaran Turunan | Fisika Kelas 10

author:

Besaran Pokok dan Besaran Turunan2 min read

Reading Time: 2 minutes

Nah, setelah kita membahas materi tentang Besaran dan Satuan dalam Perhitungan Fisika, mari kita bersama-sama membahas lebih dalam tentang bagian dari besaran itu sendiri. Besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok atau utama, dan besaran turunan. Lalu, apa bedanya ya? Cari tahu bareng, yuk!

Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran induk atau utama yang dapat diturunkan menjadi banyak besaran turunan. Terdapat tujuh besaran yang utama atau pokok, diantaranya :

Nama Besaran Lambang Satuan Dimensi
Panjang l meter L
Waktu m detik T
Massa t kg M
Suhu T K 𝜽
Kuat Arus Listrik I Ampere I
Intensitas Cahaya Iv Candela J
Jumlah Zat mol mol N

Setiap satuan Internasional dari besaran pokok di atas memiliki definisi masing-masing. 

Besaran Panjang

Satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam selang waktu satu per 299.792.458 detik.

Besaran Waktu

Satu detik didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan atom Cesium-133 untuk bergetar 9.192.631.770 kali pada suhu 1 Kelvin.

Besaran Massa

Satu kilogram dari massa sebuah anak timbangan berbentuk silinder campuran Platinum-Iridium didefinisikan sebagai satu kilogram standar atau Prototipe Internasional Kilogram (IPK). Silinder tersebut disimpan di kantor pusat BIPM di Sevres, Prancis. Namun di akhir tahun 2018 lalu, definisi satu kilogram digantikan dengan tiga buah konstanta fisika, yakni konstanta Planck, kecepatan cahaya, dan frekuensi resonansi atom Cesium. Alasannya, definisi menggunakan konstanta ini lebih akurat.

Besaran Suhu

Satu Kelvin didefinisikan setara dengan satu per 273,16 suhu titik tripel air, atau keadaan saat ketiga fase (cair, padat, gas) pada air berada dalam satu kesetimbangan.

Besaran Intensitas Cahaya

Merupakan pancaran radiasi monokromatik dalam suatu arah dari sebuah sumber cahaya dengan frekuensi 540 x 1012 Hertz yang memiliki intensitas radian satu per 683 Watt per radian.

Besaran Kuat Arus Listrik

Satu Ampere adalah kuat arus listrik yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan listrik sebesar 1 Coulomb selama 1 detik.

Besaran Jumlah Zat

Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat yang sama dengan banyaknya 12 gram atom Carbon-12.

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya merupakan hasil penurunan dari satu atau beberapa besaran pokok. Seperti kecepatan yang merupakan turunan dari besaran panjang dan waktu, besaran gaya yang merupakan turunan dari besaran massa, panjang, dan waktu, dan lain sebagainya. Adapun Besaran Turunan memiliki satuan dan dimensi sesuai dengan formula yang dimilikinya. Seperti misalnya besaran gaya. Besaran gaya memiliki formula yakni besaran massa dikalikan dengan besaran percepatan.

Jadi, sekarang kalian sudah bisa membedakan besaran pokok dan besasran satuan, kan teman-teman? Ada Contoh Soal Besaran Pokok dan Besaran Turunan juga, lho yang bisa kalian kerjakan sebagai latihan. Pengen belajar lebih banyak materi fisika yang belum kamu pahami? Les privat aja! Kamu bisa pesan les privat fisika dari Teman Belajar dan bisa pilih les secara online maupun tatap muka. Yuk, pesan sekarang juga!

Les Privat | Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.