Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Tips Belajar

Buat Belajarmu Lebih Efektif dengan Pomodoro Teknik2 min read

22 Januari 2021 2 min read
belajar efektif dengan pomodoro teknik | Teman Belajar

author:

Buat Belajarmu Lebih Efektif dengan Pomodoro Teknik2 min read

Reading Time: 2 minutes

Apakah kamu sering terdistraksi, sering tidak fokus dan mudah capek saat belajar? Dan apakah kamu sering stuck saat mencari ide? Jangan khawatir dulu, Pomodoro Teknik mungkin bisa menyelesaikan permasalahanmu!

Saat kita sangat sibuk karena banyak hal yang harus dilakukan, tetapi tidak punya banyak waktu untuk menyelesaikannya, kita kadang bingung untuk membagi waktu antara mengerjakan pekerjaan atau memilih untuk istirahat sejenak. Lalu apa yang harus kita lakukan? Mari mengenal lebih jauh dengan Pomodoro Teknik!

Apa itu Pomodoro Teknik?

Pomodoro Teknik ditemukan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980-an. Pomodoro Teknik diambil dari bahasa Italia, yang berarti tomat. Asal usulnya gini, Mr. Francesco itu dulu punya timer yang bentuknya tomat, biasanya dipakai buat menghitung waktu saat dia mengajar mahasiswa di kampus, alhasil nama teknik belajar ini terinspirasi dari timernya yang berbentuk tomat itu.

Bagaimana cara kerja Pomodoro Teknik?

Pada dasarnya, teknik belajar ini membagi pengerjaan kamu menjadi beberapa blok-blok waktu yang panjangnya 25 menit. Jika kamu udah mengerjakan tugas selama 25 menit, kamu diperbolehkan untuk istirahat selama 5 menit. Setelah kamu sudah menyelesaikan 4 blok waktu selama 25 menit, kamu bisa beristirahat dengan waktu yang lebih lama. Untuk penjelasan lebih lanjut, kamu bisa simak step-step di bawah ini ya:

Step 1:

Tentukan tugas yang akan kamu selesaikan, misalnya kamu akan belajar UTBK selama 1 jam dan membuat essay 500 kata selama 1 jam. Jadi total waktu bekerjamu adalah 2 jam.

Step 2:

Karena pomodoro teknik ini bergantung pada blok waktu 25 menit, sangat disarankan untuk mengatur alarm selama 25 menit. Selama 25 menit itu kamu harus fokus untuk menyelesaikan pekerjaanmu dan tidak diperbolehkan untuk cheating seperti main hp apalagi bermain sosmed atau games.

Step 3:

Setelah alarm 25 menitmu bunyi, tandanya kamu sudah melewati 25 menit pertamamu. setelah itu kamu bisa istirahat selama 5 menit. Waktu istirahat itu bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan hal-hal yang membuatmu senang atau rileks, seperti makan camilan, minum es teh, nonton video singkat di youtube, main sosmed, dll, tapi ingat cuma 5 menit aja ya, jangan sampai kebablasan.

Step 4:

Setelah istirahat selama 5 menit, atur alarmmu lagi selama 25 menit untuk melanjutkan pekerjaanmu. Lakukan pola tersebut sebanyak 4 kali atau 4 blok waktu selama 25 menit. Setelah kamu melengkapi 4 blok tersebut, berarti kamu sudah bekerja selama 100 menit, artinya kamu berhak mendapatkan waktu istirahat yang lebih lama sepanjang 20-30 menit.

Apa aja sih manfaat Pomodoro Teknik?

Ada banyak manfaat jika kamu menerapkan Pomodoro Teknik untuk menyelesaikan pekerjaanmu, kamu akan merasakan:

  • Lebih fokus saat mengerjakan tugas
  • Membuat pikiranmu tidak bercabang
  • Tugasmu akan cepat selesai
  • Membuat belajar lebih efektif
  • Mengurangi risiko stres karena harus mengerjakan banyak hal dalam waktu yang singkat
  • Meningkatkan persistensi dan konsentrasi

Pomodoro Teknik memang bisa membantu menyelesaikan pekerjaanmu lebih efektif, tetapi ingat kalian juga harus benar-benar sadar dalam alokasi waktu dan proses mengerjakan tugas. Kalian juga bisa mempraktikan teknik belajar ini sama tutor kalian lhoo. Dengan layanan Teman Privat, kalian bisa memilih tutor untuk membantu kamu belajar. Jangan lupa download aplikasi Teman Belajar di PlayStore ya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.