Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Tak Berkategori

Apa itu Vaksin Covid-19?3 min read

22 Januari 2021 3 min read
apa itu vaksin covid | Teman Belajar

author:

Apa itu Vaksin Covid-19?3 min read

Reading Time: 3 minutes

Vaksin, antibodi, antigen… Pasti beberapa waktu akhir ini banyak yang sering mendengar kata vaksin di berita maupun media sosial. Lalu apakah vaksin itu? sejak kapan vaksin ada? dan apa bedanya dengan imunisasi? Yuk simak penjelasan singkat berikut

Pengertian dan Sejarah Vaksin

Vaksin adalah zat yang bermanfaat untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh atau imun manusia. Sedangkan vaksinasi adalah proses tubuh diberikan vaksin sehingga dapat memiliki imun yang lebih terhadap suatu penyakit. Sehingga saat kita memasukkan vaksin dalam tubuh kita untuk merangsang kekebalan tubuh dan akan menjadi salah satu ikhtiar kita untuk tidak mudah terjangkit penyakit tersebut.

Pada tahun 1976 vaksin pertama kali dibuat untuk penyakit variola yang sangat mematikan oleh Edward Jenner di Berkeley . Mengutip situs resmi Vaccine Safety Training dari WHO, Jumat (17/4/2020), Jenner menggunakan sampel dari cacar sapi untuk membuat imunitas cacar air pada manusia.Sehingga nama vaksin diambil dari nama latin sapi yaitu vacca.

Lalu apakah vaksinasi sama dengan imunisasi? Imunisasi adalah proses tubuh membentuk kekebalan tubuh dan antibodi setelah diberi vaksin. Sehingga banyak anak kecil yang rutin diimunisasi agar memiliki kekebalan tubuh yang baik sejak kecil. Menurut CDC, keberhasilan imunisasi pada anak bisa berbeda-beda yakni sebesar 90-100 persen tergantung kondisinya. Meskipun kemungkinan terserangnya hanya kecil, namun akan lebih ringan gejalanya dah lebih mudah diobati. 

Pentingnya Vaksin Bagi Tubuh Manusia

Penting ga vaksin buat tubuh kita? Nah beberapa hal ini merupakan manfaat dari diberi vaksin yang bisa kamu dapat saat sampai di tubuhmu:

1. Mencegah dan melindungi berbagai risiko penyakit

Pemberian vaksin rubel dan campak dapat menurunkan risiko penularan virus dari ibu hamil kepada janin maupun bayi yang akan lahir. Sehingga bisa menurunkan risiko cacat dan berbagai penyakit lainnya sejak di dalam kandungan. Contoh lainnya adalah pemberian vaksin cacar air yaitu agar mereka tidak mudah terkena penyakit cacar air di kemudian hari. 

2. WHO mengatakan 2-3 juta jiwa terselamatkan karena diberi vaksin

Karena manfaatnya yang baik dalam tubuh hingga bisa menyelamatkan banyak jiwa dari berbagai penyakit yang akan muncul.

3. Salah satu cara Berhemat

Yaps! kalau kita terjangkit suatu penyakit tentu akan lebih banyak keluar waktu dan biaya yang dibutuhkan. Bila kita telah menggunakan vaksin untuk mencegah penyakit tertentu kan lebih mudah untuk melindungi diri kita. 

4. Memiliki imun yang lebih kebal

Seperti pengertian vaksin diatas bahwa ia akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh kita. So, tubuh kita akan semakin tangguh dan siap saat ada virus menyerang atau penyakit yang akan datang ke tubuh kita. Serta memberi perlindungan bagi orang-orang yang belum pernag diimunisasi melalui vaksinasi di tubuhnya. 

Lalu apakah vaksin covid 19 akan berhasil? Tentunya kita akan selalu berdoa agar pandemi karena covid 19 ini akan bisa segera hilang dan kembali normal. Semoga virus tersebut dapat memberikan dampak positif untuk dan pandemi ini segera berakhir. Tentunya kita akan segera bisa melakukan sekolah tatap muka atau offline Yay!!! 

Nah itulah tadi penjelasan sedikit tentang vaksin dan imunisasi. Jadi menurut kalian penting atau tidak kita melakukan vaksinasi untuk diri kita sendiri? Dan tetap menjaga kesehatan ya untuk teman-teman agar selalu makin semangat agar kita bisa tetap melakukan sekolah meskipun online dengan bahagia. Tapi kalau kalian mengalami kendala dalam belajar tidak perlu khawatir karena kamu bisa langsung download aplikasi Teman Belajar untuk memesan les privat terbaikmu dan jangan lupa ikuti Try Out Online Teman Belajar untuk mengasah kemampuanmu!

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *