Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

Teman Kampus

Mau Masuk UI? Simak 9 Prodi Baru UI di Tahun 20212 min read

26 Maret 2021 2 min read
prodi baru ui | Teman Belajar

author:

Mau Masuk UI? Simak 9 Prodi Baru UI di Tahun 20212 min read

Reading Time: 2 minutes

Bagi para pejuang PTN 2021, ada yang berbeda pada penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia. Di tahun ini, Universitas Indonesia membuka 9 program studi baru, baik program S1 paralel dan D4. Hal ini menjadi kabar bagus karena akan menambah peluangmu memasuki PTN. Lalu apa aja sih program studi Universitas Indonesia yang baru? Ini dia jurusan-jurusannya :

Program S1 Paralel:

1. Teknik Perkapalan 

2. Arsitektur Interior

3. Teknik Komputer

Ketiga prodi di atas sebenarnya sudah ada di program S1 Reguler Universitas Indonesia, lalu apa perbedaan S1 Paralel dan S1 Reguler? Secara mata kuliah dan proses perkuliahan tidak ada bedanya antara S1 Paralel dan S1 Reguler. Namun yang membedakannya adalah jalur masuk, batasan usia atau lulusan dan biaya perkuliahannya. 

Jalur masuk S1 Paralel hanya melalui SIMAK dan PPKB, sedangkan jalur masuk S1 Reguler adalah SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan SIMAK. Untuk batasan usia S1 Reguler 2021  harus lulusan SMA / sederajat lulusan tahun 2021,2020, dan 2019. Sedangkan usia S1 Paralel lebih fleksibel. Namun untuk biaya perkuliahan S1 Paralel relatif lebih tinggi daripada S1 Reguler. 

Program Vokasi D4:

1. Fisioterapi 

2. Terapi Okupasi

3. Manajemen Rekod dan Arsip 

4. Bisnis Kreatif 

5. Produksi Media 

6. Manajemen Bisnis Wisata

Universitas Indonesia memang sudah memiliki banyak prodi vokasi, namun selama ini hanya program D3 saja. Pada tahun ini Universitas Indonesia membuka jenjang program Sarjana Terapan atau D4 untuk menjawab kebutuhan lapangan di mana program Sarjana Terapan ini banyak dicari dan dibutuhkan. Program D4 ini cocok untuk para calon mahasiswa yang ingin lebih menekuni praktik daripada teori dengan masa pendidikan empat tahun. Saat ini, program studi D4 hanya membuka jalur SIMAK (mandiri) dan PPKB.

Jadwal Penerimaan: 

  • Jadwal Penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 untuk jalur PPKB dimulai pada tanggal 4 Februari–6 Maret 2021.  
  • Pendaftaran SNMPTN dibuka pada tanggal 15–24 Februari 2021, diikuti dengan pendaftaran UTBK dan SBMPTN yang dibuka pada tanggal 15 Maret–1 April 2021.
  • Pendaftaran SBMPTN 2021 ada dua gelombang, gelombang pertama dimulai pada 12 – 18 April 2021, sedangkan gelombang kedua dimulai pada : 26 April – 2 Mei 2021. 
  • Jalur SIMAK UI akan dibuka pendaftarannya pada tanggal 3 Mei–9 Juni 2021. Dari informasi tersebut dapat disimpulkan bahwasanya SIMAK UI dilaksanakan setelah segala prosesi UTBK selesai. 

Informasi mengenai jadwal SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI dapat diakses melalui website resmi UI https://penerimaan.ui.ac.id/ atau pantengin aja semua sosial media Teman Belajar (Twitter, Instagram dan Blog) untuk update informasi terkait jalur masuk PTN. Selain itu kamu juga bisa mencari guru les privatmu sendiri untuk membantumu mepersiapkan masuk PTN atau kamu juga bisa mengikuti Try Out Teman Belajar untuk melatih kemampuanmu. Semua itu hanya ada dalam satu aplikasi, yakni Teman Belajar. Yuk Download aplikasinya sekarang !

Tryout Online Teman Belajar
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *