Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

SBMPTN

5 Cara Memilih Jurusan Yang Tepat3 min read

18 Februari 2021 4 min read
Tips memilih jurusan | Teman Belajar

author:

5 Cara Memilih Jurusan Yang Tepat3 min read

Reading Time: 4 minutes

Bagi siswa-siswa kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, memilih jurusan merupakan salah satu kegalauan yang dihadapi. Merasa bingung untuk memilih dan juga takut salah memilih menjadikan siswa kelas 12 tidak mengetahui apa yang harus mereka pilih. Belum lagi banyak faktor eksternal lain yang akan menambah kebingungan seperti faktor orang tua, geografis atau wilayah, peraturan-peraturan baru setiap tahunnya dan masih banyak lagi. 

Cara Memilih Jurusan

Dari berbagai faktor yang menambah kegalauan “bingung memilih jurusan”, Teman Belajar akan memberikan 5 tips cara memilih jurusan yang tepat untuk kamu yang masih bingung memilih. Caranya antara lain : 

1. Cari tahu semua tentang jurusan yang kamu inginkan

Sumber: freepik.com

Untuk memilih jurusan kuliah kalian harus tau apa yang akan kalian hadapi nanti di jurusan tersebut. Sehingga kalian mengerti konsekuensi apa saja yang akan kalian alami ketika memilih jurusan tersebut. Cari tahu juga jurusan A belajar apa aja ya, jurusan B belajar apa aja ya. Sehingga kalian mengetahui apa saja yang akan kalian pelajari jika mengambil jurusan tertentu. Informasi-informasi itu bisa kalian cari di internet ataupun juga dari pengalaman orang-orang dari jurusan tersebut.

Apabila kalian telah siap menerima konsekuensi yang akan diterima dan kalian tetap mau memasuki jurusan tersebut, berarti kalian telah yakin atas pilihan kalian. Apapun yang akan kalian pilih, pastikan kalian tahu apa yang akan kalian hadapi dan konsekuensinya.

2. Jangan memilih jurusan dengan tolak ukur uang

Sumber: freepik.com

Sering kali pertanyaan-pertanyaan “kalau jurusan ini prospek kerjanya apa ya?” atau “nanti kalau jurusan ini cari kerjanya gampang engga ya?”. Sebenernya memang tidak ada yang salah dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu, namun pendidikan bukanlah sekedar mempersiapkan kalian untuk siap kerja dan menghasilkan banyak uang. Pendidikan juga digunakan untuk mengembangkan potensi dan nilai intelektual kalian sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Belajar juga merupakan proses dimana melatih pola pikir kalian dalam memandang sebuah masalah dan menyelesaikan masalah tersebut dengan cara paling efisien (problem solving). Nah, jika kalian menikmati setiap proses belajar kalian, maka kalian akan ahli di bidang tersebut dan justru malah uang yang akan menghampiri kalian. 

3. Pikirkan ulang motivasi kalian memilih jurusan tersebut

Sumber: freepik.com

Motivasi memilih jurusan merupakan suatu hal yang penting karena dengan adanya motivasi kalian menjadi semangat untuk menjalani kuliah. Pikirkan kembali motivasi memilih jurusan tersebut apakah kalian sudah yakin, apakah kalian enjoy dengan memilih jurusan tersebut.  Jika kalian masih ragu, kalian bisa mencari tahu lagi apa yang membuat kalian semangat dan termotivasi. 

4. Diskusikan dengan orang tua

Sumber: freepik.com

Banyak sekali yang mengalami perbedaan pendapat dengan orang tua dalam memilih jurusan. Hal ini dikarenakan orang tua juga menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Namun kembali lagi bahwa restu dan doa orang tua juga tidak kalah penting. Maka sebaiknya kalian bisa mendiskusikan hal-hal yang kalian sukai dan kalian inginkan dengan orang tua. Jelaskan dengan rinci dan detail mengapa kamu menyukainya, mengapa ingin mengambil jurusan itu dengan harapan orang tua kalian paham apa yang kalian inginkan dan dapat menerima dan mendukung keinginan kalian. 

5. Pilihlah jurusan berdasarkan keputusan dirimu sendiri 

Sumber: freepik.com

Tips terakhir ini maksudnya adalah kalian harus bisa membuat keputusan untuk diri kalian sendiri, karena pada akhirnya yang menjalani dan menerima konsekuensinya seumur hidup adalah diri kalian sendiri, bukan orang lain. Jadi cari jurusan yang mempelajari hal-hal yang membuat kalian tertantang untuk mempelajarinya dan akan mati-matian dengan senang hati menyelesaikannya. 

Jadi itu dia 5 Cara Memilih Jurusan Yang Tepat ala Teman Belajar. Semoga Tips tersebut dapat bermanfaat dan kalian juga menjadi tahu jurusan apa yang kalian pilih.  Jika masih banyak pertanyaan atau ada yang ingin didiskusikan bisa tinggalkan di kolom komentar atau kalian juga bisa untuk mengikuti Teman Privat di Teman Belajar sehingga bisa berdiskusi tentang mata pelajaran dan juga masalah jurusan bersama Teman Pengajar di Teman Belajar.  Selain itu kalian juga bisa mempersiapkan UTBK kamu dengan berlatih soal-soal dengan Teman Tryout. Download aplikasinya di Playstore!

Tryout Online Teman Belajar
Tryout Online Teman Belajar

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *