Belajar Lebih Interaktif Dengan Teman Belajar

TemanPrivat

Belajar dengan guru les privat terbaik di Indonesia. Bisa online maupun offline.

Selengkapnya ➜

TemanTryout

Tryout Online dengan soal-soal HOTS dan pembahasan yang lengkap.

Selengkapnya ➜

SNMPTN

3 Poin Penting yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar SNMPTN4 min read

7 Januari 2021 4 min read
SNMPTN Teman Belajar

author:

3 Poin Penting yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaftar SNMPTN4 min read

Reading Time: 4 minutes

Pendaftaran SNMPTN mulai dibuka pada tanggal 15 Februari 2021. Sebelum mendaftar, berikut beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui tentang kriteria penilaian SNMPTN.

SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi menggunakan nilai rapor dari semester satu hingga semester lima saat duduk dibangku SMA/SMK/MA. Melalui jalur ini kita perlu mengetahui apa saja mata pelajaran yang lebih diperhatikan nilainya oleh calon kampus saat melakukan pendaftaran:

a. SMA

Jurusan IPA = Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia, Biologi, dan Fisika

Jurusan IPS = Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Sosiologi, Geografi, Ekonomi

Jurusan Bahasa = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa asing

b. SMK

Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kompetensi yang ia miliki.

Dalam artikel ini kita juga akan membahas mengenai indikator apa saja yang dijadikan patokan penilaian oleh calon kampus dan tips-tips dalam SNMPTN agar bisa memperbesar peluangmu diterima di jurusan dan kampus impian.

Indikator Penerimaan SNMPTN

Ada tiga indikator yang dijadikan penentuan penerimaan SNMPTN:

1. Kualifikasi Siswa

Faktor yang berasal dari individu siswa yang dapat diukur melalui capaian-capaian siswa selama dia berada di bangku sekolah. Adapun poin yang bisa menjadi penilaian adalah:

  • Nilai rapor

Seleksi SNMPTN dilakukan dengan melihat rapor siswa dari semester 1-5, dalam penilaian rapor penyeleksi mempertimbangkan besaran nilai rata-rata, konsistensi rata-rata nilai per semester, dan nilai-nilai mapel tertentu yang dijadikan fokus utama sesuai jurusannya.

  • Prestasi siswa

Merupakan prestasi apa saja yang dicapai siswa selama dia bersekolah. Penyeleksi membagi prestasi menjadi beberapa tingkatan: prestasi tingkat internasional, prestasi tingkat nasional, prestasi tingkat provinsi, prestasi tingkat kabupaten/kota, dan tidak ada prestasi.

2. Indeks Sekolah

Merupakan nilai sekolah di mata PTN yang dipilih. Indeks sekolah yang sama bisa saja berbeda di mata PTN berbeda, contoh Indeks SMA Y di mata PTN A berbeda dengan indeks SMA Y di mata PTN B. Berikut adalah beberapa poin yang bisa menjadi patokan penilaian indeks sekolah:

1.  Akreditasi sekolah

Ketahui akreditasi sekolahmu, apakah A, B, atau C. kalian bisa mencari tahu akreditasi sekolah melalui guru BK. Akreditasi juga memengaruhi banyaknya kuota penerimaan SNMPTN.

Kuota 40% untuk sekolah berkareditasi A

Kuota 25% untuk sekolah berkareditasi B

Kuota 5% untuk sekolah berkareditasi C

2. Jenis kelas: akselerasi, RSBI, dan reguler

3. IPK dan prestasi alumni sekolahmu di PTN yang dituju, data ini bisa diketahui dengan menanyakan ke BK sekolah kalian masing-masing

4. Nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan

5. Banyaknya siswa yang diterima di SNMPTN di PTN yang bersangkutan pada tahun sebelumnya

6. Track record sekolah di PTN yang bersangkutan

7. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional

3. Pemerataan Daerah

Merupakan kebijakan masing-masing PTN dalam memberikan jatah kepada siswa yang berada di daerah-daerah tertentu, yang bertujuan untuk bisa memajukan dan memberikan kontribusi kepada daerah asal. Biasanya siswa diambil dari daerah-daerah terpencil yang ada di Indonesia.

Bingung, resah, senang pasti merupakan rasa yang campur aduk bagi anak-anak calon SNMPTN di setiap sekolahnya. Rasa takut yang muncul pasti karena tidak percaya diri dan yakin apakah jurusan yang diinginkan bisa tembus melalui SNMPTN atau malah bisa kehilangan jalur ini karena tidak memilih dengan pertimbangan yang matang.

Agar kamu tidak salah dalam memilih jurusan dan calon perguruan tinggi, kamu bisa ikuti tips di bawah ini.

Tips Memilih Jurusan dan Universitas SNMPTN

1. Ketahui Jurusan apa yang kamu inginkan

Ini penting banget nih teman-teman karena jurusan bukanlah suatu hal yang akan kamu pelajari dalam beberapa jam atauhari saja. Namun dalam beberapa tahun, sehingga untuk waktu yang cukup lama pastikan kamu memilih jurusan yang kamu inginkan.

2. Pelajari passing grade, kuota, dan pesaing jurusan di univeristas yang kamu inginkan

Carilah tahu berapa rata-rata nilai rapor yang biasanya diterima di PTN tersebut sesuaikan pula dengan akreditasi sekolahmu. Selain itu kamuperlu mengecek berapa kuota mahasiswa yang ditampung melalui jalur SNMPTN pada jurusan dan kampus tersebut berikut dengan tingkat keketatan masuk kedalamya. Hal-hal seperti ini bisa dipelajari melalui kejadian tahn-tahun sebelumnya dan dijadikan bekal untuk memperkirakan peluang bisa diterima di pilihan tersebut.

3. Sadar nilai yang dimiliki dan Tidak Memakasakan

Memiliki peluang diterima melalui jalur SNMPTN merupakan impian banyak orang. Apalagi kesempatan ini tidak akan bisa terulang dua kali. Maka jika ingin memanfaatkannya dengan baik, sadarlah berapa nilai yang kamu miliki lalu bandingkan pula dengan teman-teman satu sekolahmu yang menginginkan jurusan dengan PTN yang sama. Jangan lupa untuk mellampirkan sertifikat prestasi yang telah kita torehkan saat SMA/SMK/MA/ Cara ini juga berlaku saat melihat peluang dari teman sekitar. Bila ada teman yang memiliki sertifikat, maka hal tersebut juga menjadi nilai plus untuknya.

4. Konsultasikan dengan Guru BK

Guru BK biasanya menyimpan data alumni sekolah yang diterima di perguruan tinggi masing-masing terutama melalui jalur SNMPTN karena akan memengaruhi bagaimana kesempatan diterimanya mahasiswa melalui SNPMTN di sekolah tersebut pada tahun berikutnya. Dengan berkonsultasi, mereka akan mengarahkan pada kemungkinan terbesar kamu akan diterima karena hal tersebut juga akan membawa nama baik sekolah.

5. Optimis dan Tawakal

Ragu-ragu pasti datang mengganggu, but don’t worry setelah kamu berusaha beberapa tahun kebelakang hingga saat ini kamu udh hebat banget. Usaha yang kamu curahkan pasti sudah sangat maksimal hingga mendapatkan kesempatan ini. Sehingga untuk hasil serahkan semua kepada Sang Pencipta. Apapun hasilnya nanti pasti itu merupakan hasil terbaik dan tetaplah berlatih untuk memersiapkan alternatif selanjutnya.

Nah, tadi adalah info penting dan tips mengenai SNMPTN. Semoga dengan membaca artikel ini teman-teman jadi lebih siap menghadapi SNMPTN. Masih ada banyak waktu untuk mempersiapkan ujian masuk PTN. Kamu bisa mempersiapkannya dengan terus latihan soal-soal dan mengikuti Tryout dari Teman Belajar. Tunggu apa lagi guys!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.